Senin, 16/01/2023

Ambil Tema Pembangunan IKN, Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia 2023 Bakal Digelar di Balikpapan

Senin, 16/01/2023

Sejumlah pengurus PII berfoto bersama (Istimewa)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ambil Tema Pembangunan IKN, Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia 2023 Bakal Digelar di Balikpapan

Senin, 16/01/2023

logo

Sejumlah pengurus PII berfoto bersama (Istimewa)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Setelah melaksanakan kongres di Bali di akhir tahun 2021, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akan melaksanakan Rapimnas pada 20 hingga 22 Januari 2023 mendatang di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Kaltim dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Rapimnas karena sesuai dengan tema yang diusung yaitu pembangunan Ibu Kota Negara.

Rapimnas ini nantinya akan diikuti sebanyak 500 peserta yang terdiri dari pengurus wilayah dan cabang PII berbagai daerah dan juga Badan Kejuruan (BK) meliputi teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik mesin, kewilayahan dan perkotaan, teknik arsitektur, teknik fisika, teknik geodesi, teknik informatika, teknik kebumian dan energi, teknik kehutanan, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik material, metalurgi, teknik perkeretaapian, teknik perminyakan dan geothermal, teknik pertambangan, teknik pertanian, teknik peternakan, teknologi kedirgantaraan, dan teknologi kelautan.

Rapimnas PII nantinya akan dibuka oleh Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Kemudian dilanjutkan pembekalan dari para  Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kelautan dan Perikanan, Perwakilan Otorita IKN, serta dihadiri pula oleh Gubernur Kaltim dan Walikota Balikpapan.

Selain kegiatan Rapimnas, PII akan menggelar Engineering Exhibition yang diikuti dunia usaha, BUMN dan juga Perguruan Tinggi. PII mengundang segenap warga Balikpapan dan sekitarnya termasuk pelajar dan mahasiswa untuk menghadiri pameran yang akan diselenggarakan di Novotel Hotel Balikpapan.


"Kami (PII) sangat berharap Rapimnas menghasilkan terobosan pemikiran dan inovasi dari kalangan insinyur sekaligus memberikan kontribusi nyata dari para insinyur dari berbagai bidang keahlian kepada pembangunan IKN Nusantara" ucap Danis Hidayat Sumadilaga, Ketua Umum PII yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN.

Sekjen PII Bambang Goeritno juga menyampaikan harapannya agar Rapimnas PII dapat memberikan manfaat lebih luas dan berkelanjutan.

"Diharapkan melalui Rapimnas ini, dapat memberikan motivasi yang lebih besar pada para peserta untuk mendukung secara lebih nyata pembangunan IKN  yang berkeadilan dan berkelanjutan, dan dirancang selaras dengan alam lingkungannya, terhubung, aktif, mudah diakses, sirkuler, tangguh menjadi kota yang rendah karbon. 

Selain itu, IKN nantinya harus bisa menjadi simbol identitas bangsa Indonesia, menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, melalui teknologi dan inovasi",

Ketua Panitia pelaksana Rapimnas sekaligus Wasekjen Hetifah Sjaifudian, menyatakan kesiapan Kaltim dan mengundang partisipasi berbagai pihak.

"Kaltim telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan juga Pemerintah Kota Balikpapan. Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak untuk mensukseskan Rapminas PII," ucap Hetifah.

Hetifah juga menyampaikan selain  Rapimnas PII, delegasi akan mengunjungi beberapa titik di IKN.

"Rencananya, para delegasi akan mengunjungi Titik Nol IKN Nusantara, Permukiman Pekerja, serta Kawasan Istana Negara".  tandas Hetifah.(*)


Editor : Rusdi

Ambil Tema Pembangunan IKN, Rapimnas Persatuan Insinyur Indonesia 2023 Bakal Digelar di Balikpapan

Senin, 16/01/2023

Sejumlah pengurus PII berfoto bersama (Istimewa)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.