Senin, 31/01/2022

Pemkab Kukar Siapkan Rp6 Miliar untuk Benahi Sanitasi

Senin, 31/01/2022

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara Rendi Solihin

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemkab Kukar Siapkan Rp6 Miliar untuk Benahi Sanitasi

Senin, 31/01/2022

logo

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara Rendi Solihin

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG - Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara Rendi Solihin mengatakan program pengentasan kemiskinan memang menjadi salah satu program prioritas yang dilakukan oleh dirinya bersama Bupati Edi Damansyah.

Pada tahun lalu, pemerintah telah menetapkan dua kecamatan untuk dijadikan pilot project pengentasan kemiskinan, yakni Muara Kaman dan Samboja. Ditetapkannya dua kecamatan ini karena masih cukup tingginya angka keluarga miskin yang berdasarkan bukan dari indikator pendapatan warganya melainkan karena banyak variabel salah satunya ialah sanitasi.

“Penetapan keluarga miskin terbanyak di Kukar yaitu Kecamatan Samboja dan Muara Kaman. Jadi kriteria orang miskin terbanyak itu bukan dari hasil pendapatan per warga atau per rumah, melainkan banyak variabel salah satunya adalah sanitasi,” kata Rendi.

Hal ini lantaran banyak penduduk di kedua kecamatan ini yang rumahnya berada di pinggir sungai, sehingga warga terbiasa menggunakan jamban ketimbang membangun toilet di rumah. 

Untuk upaya pembenahan ini, Rendi mengungkapkan OPD teknis yakni Dinas Perkim telah ditunjuk untuk melakukan perbaikan bagi rumah-rumah warga yang layak diberikan bantuan agar sanitasinya sesuai standar yang ditetapkan.

“Dinas Perkim sudah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp6 miliar tahun 2022 yang akan diserahkan untuk per rumah kurang lebih Rp2,5 juta untuk melakukan swadaya bedah rumah secara kecil-kecilan. Perbaikan rumah, bangun WC, atau pembelian materialnya itu akan dilakukan di Dinas Perkim untuk Kecamatan Samboja dan Muara Kaman,” ungkapnya.

Rendi menegaskan dari dana Rp6 miliar, ada sekitar 5.00 rumah yang nantinya akan dilakukan rehab. Penetapan miskin bukan dilihat dari pendapatan warga, namun kondisi rumah yang tidak memadai faktor terbesarnya karena kondisi toilet yang kurang layak.

“Artinya bukan miskin dari segi pendapatan tapi dari segi kelayakan tempat tinggal dan sanitasi WC-nya ya, ini perlahan kita benahi,” tegas Rendi. 

Kepala Dinas Perkim, Maman Setiawan yang menyatakan pengentasan kemiskinan tidak hanya difokuskan di dua kecamatan saja namun seluruhnya. 

“Betul, tapi kita juga tidak mengabaikan kecamatan lain, hanya memang prioritas dua kecamatan tersebut yang perlu penanganan segera, untuk menurunkan angka kemiskinan,” tukas Maman. 


penulis : */Muhammad Heri

Editor : Bambang Irawan

Berita/artikel ini sudah terbit di Koran Kaltim edisi cetak Senin tanggal 31 Januari  2022

Pemkab Kukar Siapkan Rp6 Miliar untuk Benahi Sanitasi

Senin, 31/01/2022

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara Rendi Solihin

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.