Kamis, 06/06/2024

Indonesia vs Irak Petang Nanti, Pemain Garuda Harus Percaya Diri

Kamis, 06/06/2024

Shin Tae-yong (kiri), yakin anak asuhnya bisa memberikan yang terbaik menghadapi Irak di Jakarta petang nanti. (pssi.org)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Indonesia vs Irak Petang Nanti, Pemain Garuda Harus Percaya Diri

Kamis, 06/06/2024

logo

Shin Tae-yong (kiri), yakin anak asuhnya bisa memberikan yang terbaik menghadapi Irak di Jakarta petang nanti. (pssi.org)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA - Laga yang ditunggu Masyarakat Indonesia terutama pecinta sepak bola nasional tiba Kamis (6/6/7) pukul 18.00 WITA petang nanti, saat tim nasional Indonesia menjamu Irak pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Ini satu diantara dua pertandingan penutup yang sangat penting karena jadi bagian dari penentu lolosnya Merah Putih ke Piala Dunia 2026 mendatang.

Di klasemen sementara, Indonesia mengantongi tujuh poin dari empat laga, berada di posisi kedua tepat di bawah Irak yang mengoleksi 12 poin. Jika Skuat Garuda berhasil menang dalam laga ini maka secara otomatis akan lolos ke babak selanjutnya tanpa harus mempedulikan menang kalah di laga selanjutnya menghadapi Filipina Selasa (11/6/2024) malam.

Namun jika Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang atau bahkan kalah di laga ini maka untuk pertandingan terakhir menghadapi Filipina tim besutan Shin Tae yong ini wajib menang supaya aman dari kejaran Vietnam yang ada di posisi ketiga dengan 3 angka. 

Sementara itu, Irak yang berada di posisi puncak memanglah belum terkalahkan sepanjang kualifikasi. Itu artinya Irak jadi lawan tersulit yang harus dihadapi Indonesia di grup F ini. 

ini.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) berharap anak asuhnya percaya diri pada pertandingan nanti.  'Yang penting para pemain melakukan permainan dengan percaya diri. Mungkin bisa membawa hasil yang baik," ucap STY melansir dari laman pssi.org pagi ini.

Menurut Shin, Irak memang lebih diunggulkan namun baginya, sudah saatnya Pasukan Garuda berani memasang target kemenangan atas tim-tim kuat yang dihadapi. "Jelas Irak adalah tim yang bagus dan pastinya lebih kuat daripada kami. Tapi sekarang sudah waktunya kita coba meraih kemenangan," tegas pelatih berusia 64 tahun itu menekankan.

STY menegaskan akan memanfaatkan keuntungan status tuan rumah saat bersua dengan Irak. “Kami berharap dukungan Masyarakat Indonesia untuk hasil terbaik di pertandingan melawan Irak,” ucapnya.

Irak telah bertemu Indonesia dua kali sebelum laga kelima putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F yang dimainkan besok. Dari dua laga itu, Singa Mesopotamia menyapu bersihnya dengan kemenangan saat membantai Indonesia 5-1 di Basra pada laga pembuka putaran kedua dan juga menang 3-1 pada laga pembuka penyisihan grup Piala Asia 2023 di Qatar, Januari lalu. "Saya tentu percaya diri dengan tim saya, tapi setiap pertandingan tentu berbeda," kata Jesus Casas, pelatih Irak.

Casas menilai materi skuad Indonesia saat ini yang dihuni empat pemain anyar yang berkompetisi di Eropa diantaranya Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, membuat laga akan berjalan berbeda dari dua pertemuan sebelumnya.

Pelatih 50 tahun itu menyebut dengan kedatangan empat pemain itu menurutnya permainan Indonesia sangat berkembang akhir-akhir ini. "Indonesia dengan skuad berbeda. Saya masih ingat mereka punya pemain dari Eropa dan mereka berkembang. Tentu nanti akan jadi pertandingan yang berbeda baik itu di Qatar atau Basra. Jika kita santai di lapangan tentu kami akan kalah. Jadi kami akan fokus, kompeititif karena Indonesia adalah tim yang sangat bagus," tegasnya.

Pelatih kelahiran Madrid, Spanyol itu pun membuka peluang bahwa ia mungkin saja akan merotasi banyak pemain pada laga nanti, terlebih ada sebanyak tujuh nama baru yang ia bawa untuk dua laga penutup putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Indonesia dan Vietnam. "Iya tentu saja kemungkinan itu (rotasi pemain) ada. Kita sudah lolos ke putaran ketiga dan kita bisa lakukan perubahan," kata Casas.

Dengan keunggulan empat poin dari Vietnam di posisi ketiga, menurutnya, Indonesia memiliki peluang besar untuk menemani timnya melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. "Saya pikir Indonesia punya peluang besar untuk lolos putaran selanjutnya dan (lolos otomatis) ke Piala Asia 2027," katanya.

Bek kiri Irak Hussein Ali juga mewaspadai kekuatan tim Garuda. "Indonesia adalah tim yang terus berkembang dan tim yang kuat," sebutnya.

Ia juga merasa sangat antusias pada laga nanti karena bertemu dua rekan setimnya di SC Heerenveen yang kini sudah berpaspor Indonesia, Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On.

"Saya antusias dengan pertandingan ini. Kami psywar dengan bilang tim kami yang akan menang, dia juga bilang kalau dia yang akan menang," ungkap Ali.


Perkiraan Susunan Pemain: 


INDONESIA (3-4-3) : Ernando Ari, Rizky Ridho, Jordi Amat, Justin Hubner, Sandy Walsh, Nathan Tjoe, Ivar Jenner, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangun, Rafael Struick


IRAK (4-5-1) : Jalal Hassan, Hussein Ali, Rebin Sulaka, Saad Natiq, Zaid Tahseen, Osama Rashid, Bashar Resan, Zidane Iqbal, Ibrahim Bayesh, Ali Jasim, Aymen Hussein. 


Editor: Aspian Nur

Indonesia vs Irak Petang Nanti, Pemain Garuda Harus Percaya Diri

Kamis, 06/06/2024

Shin Tae-yong (kiri), yakin anak asuhnya bisa memberikan yang terbaik menghadapi Irak di Jakarta petang nanti. (pssi.org)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.