Minggu, 02/06/2024

Warga Sepaku di PPU Dibantuk Pembangunan IPA, 5 Ribu Sambungan Rumah Siap Dilayani Air Bersih

Minggu, 02/06/2024

Makmur Marbun

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Warga Sepaku di PPU Dibantuk Pembangunan IPA, 5 Ribu Sambungan Rumah Siap Dilayani Air Bersih

Minggu, 02/06/2024

logo

Makmur Marbun

KORANKALTIM.COM, PENAJAM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membantu warga Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  mendapatkan akses air minum yang layak dengan membangun instalasi pengolahan air (IPA) dengan kapasitas 50 liter per detik.

Kementerian PUPR memberikan bantuan Pembangunan IPA kapasitas 50 liter per detik, jelas Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Sabtu (1/6/2024), di kompleks IPA milik Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka di Kecamatan Sepaku.

IPA kapasitas 50 liter per detik bisa mengakomodir sekitar 5 ribu sambungan rumah, khususnya di Kecamatan Sepaku, lanjut dia, sehingga bisa mendapatkan akses air minum yang layak dan berkelanjutan.

Aset IPA dan sarana prasarana pendukung lainnya itu bakal dibahas lebih lanjut sesuai peraturan yang berlaku dengan melibatkan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Pembangunan IPA kapasitas 50 liter per detik dilakukan Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Direktur Air Minum Kementerian PUPR itu, kata dia, memiliki pipa penghubung ke jaringan Perumda Air Minum Danum Taka yang berada di jalan negara, Kecamatan Sepaku masuk wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pipa distribusi itu untuk melayani berbagai fasilitas di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP), termasuk rusun BIN/Polri, IPAL Dua, Polrestabes khusus IKN, Kodim IKN, dan rusun ASN.

Kementerian PUPR juga memberikan bantuan pendampingan berupa peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kepada karyawan Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, serta bantuan pengembangan lainnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara membangun pipa distribusi tambahan untuk melayani masyarakat di Kecamatan Sepaku, sejumlah kantor pemerintah, BUMN, instansi pelaksana pembangunan IKN, dan penerima manfaat lainnya.

"Pengelolaan IPA akan diserahterimakan kepada Perumda Air Minum Danum Taka," ujarnya dilansir dari antara pada Minggu (2/6/2024).

Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara juga berwenang melakukan penyusunan rencana pengelolaan, mengalokasikan biaya operasional dan pemeliharaan, serta menyediakan personel yang bertugas sebagai operator di IPA 50 liter per detik itu.

“Pemerintah kabupaten berhak melakukan pungutan retribusi dari pengelolaan pelayanan air minum sesuai ketentuan atau peraturan perundangan yang berlaku,” demikian Makmur Marbun.


Editor: Maruly Z

Warga Sepaku di PPU Dibantuk Pembangunan IPA, 5 Ribu Sambungan Rumah Siap Dilayani Air Bersih

Minggu, 02/06/2024

Makmur Marbun

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.