Kamis, 10/06/2021

Piala Eropa dan Bola dari Masa ke Masa

Kamis, 10/06/2021

Uniforia, bola yang akan digunakan pada Piala Eropa 2020 di 11 negara yang akan bergulir mulai pekan depan. (Foto: uefa.com)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Piala Eropa dan Bola dari Masa ke Masa

Kamis, 10/06/2021

logo

Uniforia, bola yang akan digunakan pada Piala Eropa 2020 di 11 negara yang akan bergulir mulai pekan depan. (Foto: uefa.com)

KORANKALTIM.COM, LONDON – Tinggal hitungan hari, perhelatan besar sepakbola antarnegara Eropa, Euro 2020 alias Piala Eropa 2020 akan bergulir. Selama satu bulan, pecinta sepakbola dunia akan mendapatkan suguhan permainan sepakbola dari pemain-pemain terkenal.

Berlangsung sejak 11 Juni hingga 11 Juli 2021 di 11 negara yang menjadi tuan rumah dengan 24 peserta, fokus tak hanya diarahkan kepada negara unggulan dan pemain andalan, tapi juga bola yang akan digunakan.

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun membuat bola yang akan digunakan pada even sepakbola empat tahun sekali ini juga mengalami evolusi atau perubahan.
Korankaltim.com merangkum beberapa bola yang sudah pernah dan akan digunakan pada perhelatan Piala Eropa ini dari beberapa tahun silam.

1968: Telstar Elast

Piala Eropa tahun 1968 yang berlangsung di Italia menggunakan bola bernama Adidas Telstar Elast. Nama ini sesuai dengan nama nama satelit komunikasi Telstar, yang berbentuk bulat dan dihiasi panel surya sehingga mirip dengan tampilan sebuah bola.

1972: Telstar Durlast

Di gelar di Belgia tahun 1972, bola yang digunakan merupakan reinkarnasi dari Telstar Elast, yaitu  Telstar Durlast yang menampilkan lapisan baru dan teknologi yang ditingkatkan terutama ketahanannya terhadap air.

1976: Telstar Durlast

Karena dianggap bagus, bola yang digunakan pada Piala Eropa 1976 di Yugoslavia pun masih sama seperti di Belgia yaitu Telstar Durlast namun lebih tahan terhadap resapan air.

1980: Tango River Plate

Keberhasilan Argentina jadi tuan rumah Piala Dunia 1978 dengan bola Tango meninspirasi kehadiran Tango River Plate, bola yang digunakan saat Piala Eropa 1980 yang digelar di Italia. Budaya Argentina yang kental dipromosikan lewat bola yang digunakan pada ajang ini.

1984: Tango Mundial

Tahun 1984 jadi yang pertama kali Piala Eropa menggunakan bola dari bahan non kulit dimana saat itu ajang ini berlangsung di Prancis. . Sistem pelapisan disempurnakan untuk menambah bantalan dan in iadalah bola pertandingan resmi pertama yang menggabungkan desain EURO yang dipesan lebih dahulu untuk turnamen.

1988: Tango Europa

Hampir mirip dengan Telstar Durlast, pada Piala Eropa 1988 di Jerman Barat bola yang digunakan didesain lebih sempurna dimana penyegelan jahitan ditambahkan untuk melindungi bola dari resapan air.

1992: Etrusco Unico

Juga digunakan pada Piala Dunia 1990 di Italia dan Olimpiade musim panas 1992 di Barcelona, bola ini mengambil nama dan desain yang rumit dari sejarah kuno Italia dan seni Etruria. Tiga kepala singa Etruria menghiasi bola ini.

1996: Questra Europa

Bola pertandingan EURO resmi pertama yang menampilkan warna digunakan pada ajang Piala Eropa 1996 di Inggris. Bola ini adalah varian dari Questra yang digunakan pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Desain EURO '96 datang dengan singa dan mawar merah, simbol dari tuan rumah Inggris.

2000: Terrestra Silverstream

Desain bola yang digunakan pada Piala eropa 2000 terkait dengan perairan negara tuan rumah Belgia dan Belanda, menandai terobosan teknologi Adidas yang mana lapisan luar bola lebih lembut saat disentuh, lebih mudah dikendalikan dan lebih akurat.

2004: Roteiro

Pada Piala Eropa 2004 di Portugal, bola yang digunakan mengacu pada bahasa setempat. Roteiro diterjemahkan sebagai 'peta jalan' atau 'bagan navigasi' dan merujuk pada penemuan yang dibuat oleh penjelajah Portugis yaitu Vasco da Gama  pada abad ke-15 dan 16. Untuk pertama kalinya dalam turnamen ini, setiap bola pertandingan individu bertuliskan nama tim, tanggal, stadion dan koordinat lingkaran tengah.

2008: Europass

Terdiri dari 14 panel, bukan 32 panel seperti biasanya, Europass memiliki tekstur khusus di permukaannya yang dirancang untuk memberikan pegangan yang lebih baik kepada kiper dan pemain lapangan saat berlaga di Piala Eropa 2008 yang dihelat di Austria dan Swiss. Berbeda dengan fase penyisihan, perempatfinal hingga semifinal, untuk bola di partai final menggunakan bola Europass Gloria berwarna perak.

2012: Tango 12

Menandakan kembalinya seri Tango tahun 1980-an, desain bola pertandingan Piala Eropa 2012 di Polandia dan Ukrania menyertakan garis berwarna yang terinspirasi oleh bendera tuan rumah bersama Polandia dan Ukraina. Terukir ke dalam desain Tango adalah tiga grafis dipesan lebih dahulu yang merayakan seni dekoratif kertas pemotongan, sebuah tradisi di daerah pedesaan kedua negara tuan rumah.

2016: Beau Jeu

Digunakan di Piala Eropa 2016 Prancis, Beau Jeu – yang diterjemahkan sebagai 'permainan indah' – berwarna biru, putih dan merah untuk menghormati bendera Tricolor Prancis tuan rumah. Ini juga mengintegrasikan sorotan perak yang mengacu pada trofi Kejuaraan Eropa UEFA. Sebuah desain varian dari Beau Jeu, Fracas ikut bermain untuk babak sistem gugur.

2020: Uniforia

Terungkap pada November 2019, Uniforia dinamai berdasarkan persatuan dan euforia yang dapat dibawa oleh kompetisi tim nasional tingkat atas. EURO 2020 akan berlangsung di 11 negara Eropa dan Uniforia dirancang untuk merayakan inklusivitas ini.

Desainnya menunjukkan garis gaya sapuan kuas hitam yang berani melintasi bola, melambangkan kaburnya batas dan melintasi batas sebagai cerminan format baru lintas benua kompetisi.

Sapuan lebar ini diselingi dengan kilatan warna-warna terang yang mewakili keragaman turnamen. dan penyatuan budaya yang berbeda.

Editor: Aspian Nur

Piala Eropa dan Bola dari Masa ke Masa

Kamis, 10/06/2021

Uniforia, bola yang akan digunakan pada Piala Eropa 2020 di 11 negara yang akan bergulir mulai pekan depan. (Foto: uefa.com)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.