420 Kafilah Ikuti MTQ Samarinda


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 hari yang lalu     61 kali
img MERIAH: Pjs Walikota Samarinda saat membuka MTQ Tingkat Kota Samarinda yang terpusat di Kecamatan Samarinda Seberang.

SAMARINDA.KOMINFO- Sebanyak 420 kafilah dari 10 kecamatan se-Samarinda memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Samarinda ke-40 yang digelar di Kelurahan Sungai Keledang, Kecamatan Samarinda Seberang. 

Kegiatan tahunan itu telah dibuka resmi oleh Pjs Walikota Samarinda Dr Ir Zairin Zain MSi, Sabtu (14/4) malam. 

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Ir.Aminullah, MTQ ke 40 yang dilaksanakan mulai 14 - 21 April ini mengambil tema “Melalui MTQ ke 40 kota Samarinda tahun 2018,  kita Wujudkan Masyarakat yang Gemar  Mengaji dan Taat Beragama Menuju Samarinda Yang Maju dan Religius “ 

Menurutnya, terdapat 420  kafilah dari 10 kecamatan di Kota Samarinda  dan dilaksanakan di tiga tempat yaitu di masjid Ash Sobirin, masjid Nurul Huda dan masjid Al - Baqa.

Ketua LPTQ Kota Samarinda Hermanto menyampaikan penyelenggaraan MTQ dilakukan sebagai upaya peningkatan syiar Islam dan sebagai sarana penguatan ukhwah Islamiah khususnya  diantara para peserta, pengunjung dan para penyelenggara. 

Masdar Amin  juga menyampaikan, disetiap even penyelenggaraan MTQ seperti semacam ini sepatutnyalah untuk senantiasa mempebaharui dan memantapkan niat bahwa menyelenggarakan MTQ dalam rangka ibadah karena yang dimusabaqohkan adalah qallam dan firman Allah SWT. Disamping itu memantapkan niat karena ibadah kegiatan MTQ adalah merupakan forum silaturahim antar kaum muslimin se kota Samarinda yang menumbuhkan kecintaan umat Islam kepada kitab suci Alquran.

Dalam sambutannya Pjs Walikota Samarinda menyampaikan pelaksanaan kegiatan MTQ  merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan pemerintah daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Seiring dengan hal tersebut katanya Samarinda melaksanakan MTQ dalam rangka menjaring para Qori dan Qoriah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ di tingkat Provinsi.”Yang lebih penting lagi, mari kita selalu menghidupkan perasaan cinta kepada  nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alquran,  bahwa seharusnya Alquran kita jadikan bacaan utama diantara sekian banyak koleksi buku kita,” pesannya. (kmf/adv) 

berita TERKAIT


baca LAINNYA