PDAM Ajak BUMDes Kerja Sama


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 bulan yang lalu     1.310 kali
img

TANJUNG REDEB - Dirut PDAM Tirta Segah, Adief Mulyadi mengungkapkan, pihaknya telah membuka peluang seluas-luasnya kepada seluruh kampung yang memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa ikut mengelola Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di wilayahnya. 

Kerja sama ini bertujuan agar setiap kampung bisa sesegera mungkin memiliki sambungan air bersih tanpa harus menunggu pembangunan IPA oleh Pemda. “Kita sangat mendukung penuh kepada kampung yang ingin mengelola IPA PDAM tersendiri melalui BUMDes. Jadi, kampung tersebut bisa segera memiliki saluran air bersih tanpa harus menunggu pembangunan IPA. Terlebih lagi, pemerintah daerah saat ini menghadapi defisit keuangan,” terang Adief, kemarin.

Menurutnya, soal teknis di lapangan akan diserahkan sepenuhnya kepada BUMDes. Seperti administrasi penganggaran dan sambungan IPA dan kebutuhan lainnya. Sementara PDAM hanya memberi pembekalan soal pengoperasian IPA nantinya.

“Apa yang menjadi program PDAM ini, tentu saja sejalan dengan apa yang menjadi instruksi dari Bapak Bupati Berau, H Muharram. Mengingat, saat ini ADK yang dimiliki setiap Kampung sangat besar dan bisa dimanfaatkan untuk infrastruktur mendasar yang bisa dimanfaatkan salah satunya dengan pengelolaan IPA PDAM. Selain buat kepentingan warga, juga buat kestabilan keuangan kampung. Karena, jika BUMDes dikelola dengan baik, tentu saja pemasukan keuangan ke kampung bisa stabil dan tidak lagi berharap penuh terhadap ADK,”pungkasnya. (ind/adv)


berita TERKAIT


baca LAINNYA