Minggu, 26/05/2024

Asisten I: Pemkab Dukung Upaya Pelestarian Adat

Minggu, 26/05/2024

Festival Nutuk beham. (Foto: Prokom)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Asisten I: Pemkab Dukung Upaya Pelestarian Adat

Minggu, 26/05/2024

logo

Festival Nutuk beham. (Foto: Prokom)

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG – Asisten I bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, Akhmad Taufik Hidayat membuka Festival Budaya Nutuk Beham Kutai Adat Lawas 2024, di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat, Jumat (17/5).

Asisten I hadir bersama perwakilan dari Disdikbud, Dinas Koperasi dan UMK Pemprov Kaltim, dan didampingi Kabid Kebudayaan Disdikbud Kukar Fuji Utomo, Kabid Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat DPMD Kukar Riyandi Elvander, dan Camat Kota Bangun Darat Zulkifl serta Kades Kedang Ipil Kuspawansyah. Saat mereka tiba di lokasi acara disambut prosesi upacara sakral oleh kepala Adat setempat.

Usai disambut prosesi upacara adat sakral tersebut, Asisten I dan rombongan meninjau dan melakukan nyanga (masak) padi diatas bara api dan nutuk beham (padi) di lokasi setempat.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I mengatakan bahwa, Kabupaten Kukar merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alam. Tetapi juga memiliki ragam budaya yang unik dan berkarakter, yang menjadi warisan tak benda bagi generasi di masa mendatang. Nutuk Beham merupakan salah satu adat istiadat dan kebudayaan yang ada di Kukar.

Lebih lanjut, ia mengatakan Nutuk Beham adalah tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun, sebagai kearifan lokal masyarakat Kutai Adat Lawas di Desa Kedang Ipil.

Sementara itu, Fuji Utomo mengatakan Desa Kedang Ipil masih memelihara kekayaan budaya tak benda yang telah tercatat dalam sejarah. Desa ini, kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Kukar memiliki sejumlah warisan budaya tak benda yang sudah tersertifikasi, di antaranya Belian Namang, Nutuk Beham, dan Muang. (adv/prokom05/si/mh)

Asisten I: Pemkab Dukung Upaya Pelestarian Adat

Minggu, 26/05/2024

Festival Nutuk beham. (Foto: Prokom)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.