Kamis, 27/06/2024

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Canangkan Program Karindangan

Kamis, 27/06/2024

Peserta FGD dalam pencanangan program Karindangan. (Foto: PT KPI Unit Balikpapan)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Canangkan Program Karindangan

Kamis, 27/06/2024

logo

Peserta FGD dalam pencanangan program Karindangan. (Foto: PT KPI Unit Balikpapan)

Penulis: */Hendra

KORANKALTIM.COM, BALIKPAPAN – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan program kelestarian lingkungan. Program implementasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini berkolaborasi dengan kelompok binaan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Margasari, Kelompok Program Kampung Iklim (PROKLIM) Margasari, dan perwakilan RT 13, 15, 29, dan 30 Margasari. FGD dilaksanakan di Kantor Kelurahan Margasari Selasa (25/06).

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan, Dodi Yapsenang menjelaskan tentang program Karindangan ini.


“Karindangan merupakan singkatan dari Kampung Atas Air Indah, Tenang, Berdikari & Nyaman yang berasal dari bahasa Banjar yang berarti kerinduan. Sedangkan kerinduan ini dimaksudkan dengan kerinduan terhadap kondisi alam yang ada sediakala,” kata Dodi.

Menurut Dodi, Kegiatan FGD ini menjadi wujud nyata komitmen perusahaan untuk turut berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan masyarakat yang ada di sekitar area perusahaan.

Dodi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama rekan KSB  dan PROKLIM kelurahan Margasari dan seluruh masyarakat yang terlibat. Semoga dengan adanya agenda FGD ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga kerjasama antara perusahaan dan masyarakat,” ucap Dodi.

PT KPI Unit Balikpapan berharap kegiatan ini menjadi pondasi yang kuat dalam menjaga kerjasama antara perusahaan dan masyarakat yang ada di sekitar area industri PT KPI RU V Balikpapan.

Ketua Proklim Margasari, Darwis menuturkan bahwa kegiatan FGD ini merupakan tindak lanjut dari agenda FGD yang sudah dilaksanakan dari Februari hingga Maret. Selain itu pihak Kelurahan juga berharap kerja sama dan bantuan yang diberikan dapat berkelanjutan.

“Terima kasih banyak kepada PT KPI, mudah-mudahan dengan pertemuan ini akan membuat kerjasama kita lebih baik lagi. Kami yakin maksud ini baik, dan mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya terjadi di kampung atas air, di wilayah darat juga bisa tersentuh kedepannya,” harap Darwis.

Masyarakat terlihat aktif memaparkan ide dan gagasan pada sesi diskusi untuk perancangan program Karindangan yang akan dilaksanakan di kelurahan Margasari. Ide dan gagasan tersebut meliputi masalah air bersih, pengelolaan sampah, kesehatan, dan juga pengaktifan beberapa program yang ada di masyarakat.

Pada akhir kegiatan, masyarakat dan tim CSR PT KPI Unit Balikpapan sepakat untuk melakukan pertemuan lanjutan guna membahas perencanaan dan implementasi lebih lanjut dari pelaksanaan program yang sudah dibahas dalam forum ini. (*)

Editor: Maruly Z

Kilang Pertamina Unit Balikpapan Canangkan Program Karindangan

Kamis, 27/06/2024

Peserta FGD dalam pencanangan program Karindangan. (Foto: PT KPI Unit Balikpapan)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.