Rabu, 27/09/2017

Pemerataan Pembangunan Perlu Sinkronisasi

Rabu, 27/09/2017

Eddy Sunardi Darmawan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Pemerataan Pembangunan Perlu Sinkronisasi

Rabu, 27/09/2017

logo

Eddy Sunardi Darmawan

SAMARINDA-Berharap pemerataan pembangunan terwujud dengan optimal maka sinkronisasi antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat perlu dijalinan dengan baik sehingga tercipta pemerataan pembangunan di Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim Eddy Sunardi Darmawan, sinkronisasi tersebut menurutnya bisa didapat salah satunya melalui jalinan komunikasi yang baik.

“Pemerintah daerah maupun perusahaan tentu memiliki program masing-masing dalam tanggung jawab sosialnya, alangkah baiknya jika berjalan dengan sinkron,” ucap Politikus PDI-P ini. 

Anggota komisi yang bertugas dibidang pembangunan ini menuturkan bahwa pemerataan pembangunan tersebut meliputi berbagai bidang baik itu dibidang pertanian, perkebunan, kelautan maupun peningkatan sumber daya manusia.

Meski pemerintah memiliki tanggung jawab di semua aspek bidang, namun ketika sinkronisasi terhadap perkembangan bidang tertentu melalui program yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan dan melibatkan masyarakat  maka akan berjalan dengan baik “Masyarakat disini merupakan komponen paling utama yang memiliki hak dan mengetahui persis kondisi dilapangan serta apa-apa saja yang menjadi problem untuk disampaikan. Dengan begitu maka program bisa berjalan dengan baik, apakah itu dilakukan kerjasama antara pemerintah dan perusahaan terkait, setidaknya tidak terjadi tumpang tindih dalam kegiatan pengembangan daerah,” papar Eddy.

Tak hanya itu misalnya saja selama ini, untuk urusan kerusakan jalan, seperti jalan milik kabupaten/kota, provinsi atau nasional baik yang rusak karena gangguan alam atau akibat kendaraan aktivitas industri ini perlu adanya tindakan cepat dan tegas.  

Untuk kerusakan jalan nasional misalnya, Eddy mencontohkan, tak semua masyarakat mengetahui mana jalan provinsi, mana jalan nasional dan mana jalan kabupaten/kota. Hal ini yang perlu dikomunikasikan kepada pihak yang memiliki wewenang dan tanggung jawab, bila jalan provinsi memang menjadi tanggung jawab pemprov, komunikasikan hal ini kepada pemprov melalui perpanjangan tangan yang ada. (adv/hms5)


Pemerataan Pembangunan Perlu Sinkronisasi

Rabu, 27/09/2017

Eddy Sunardi Darmawan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.