Keluarga Kunci Ketahanan Negara


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 week ago     237 kali
img SEMINAR KIE: Meiliana bersama narasumber seminar KIE, Gender dan Hak Anak.

SAMARINDA – Keluarga merupakan sebuah institusi terkecil dalam masyarakat, maka berawal dari keluargalah akan terbentuk ketahanan negara. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dr Hj Meiliana pada Seminar Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di Ruang Bina Bangsa Gedung B Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (5/12). 

Menurut dia, ketahanan keluarga merupakan satu persoalan yang sangat penting baik bagi keluarga itu sendiri maupun terhadap pembangunan dan masyarakat.

“Ketahanan sebuah keluarga haruslah kuat supaya mampu menghasilkan generasi yang tangguh,” katanya.

Karena itu lanjutnya, ketahanan keluarga harus dijaga kekuatannya sehingga mampu menangkal dan terhindar dari berbagai permasalahan dalam masyarakat. Dalam keluarga harus bisa saling memahami tentang kewajiban dan hak masing-masing anggota sehingga bisa saling mendukung serta menghargai.

Apalagi ungkapnya, saat ini banyak permasalahan yang muncul dalam masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja dan pergaulan bebas.

“Disinilah perlunya terbentuk ketahanan dalam suatu keluarga agar mampu menangkal dan terhindar dari permasalahan dalam masyarakat yang semakin kompleks,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana DKP3A Kaltim Sihabudin mengemukakan pembangunan keluarga menjadi isu pembangunan nasional dengan penekanan pada penguatan ketahanan keluarga.

“Seminar ini bertujuan mendorong proses perubahan prilaku ke arah yang positif, peningkatan pengetahuan dan sikap sehingga terjaga ketahanan keluarga, memahami gender dan pemenuhan hak anak,” ujar Sihabudin.

Seminar KIE dalam mewujudkan kesetaraan gender dan hak anak bertema Peningkatan Ketahanan Keluarga dalam Mewujudkan Kesetaraan Gender dan Pemenuhan Hak Anak diikuti 100 peserta terdiri dari organisasi wanita, pelajar dan mahasiswa, forum anak, forum perempuan dan yayasan.

Kegiatan menghadirkan narasumber Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli dan Ketua PW Salimah Kaltim SN Diding Revilla. (yans/sul/ri/adv) 




loading...

baca LAINNYA