Senin, 26/08/2019

Madu, Baguskah untuk Masker Wajah?

Senin, 26/08/2019

Ilustrasi masker madu ( Foto: net )

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Madu, Baguskah untuk Masker Wajah?

Senin, 26/08/2019

logo

Ilustrasi masker madu ( Foto: net )

KORANKALTIM.COM--Khasiat madu memang baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang manis memang menjadikan madu sebagai bahan alami yang sering dijadikan menu tambahan untuk berbagai macam jenis makanan.

 Namun, madu juga terbukti mengandung banyak zat yang baik untuk tubuh, termasuk untuk perawatan kecantikan. Tak heran jika kemudian madu sering dijadikan bahan dasar masker untuk kulit wjah.


Dikutip dari klikdokter.com,  madu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk perawatan kulit wajah.


 

“Kandungan antioksidan itu tak hanya berfungsi untuk kesehatan organ dalam tubuh, tapi antioksidan pun baik untuk kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Kandungan antioksidan madu mampu melindungi organ internal dari kerusakan radikal bebas,” ujar dr. Dyah Novita dikutip dari klikdokter.



manfaat masker madu 


Selain yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa manfaat kecantikan lain yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan masker madu. Apa saja itu? 


1. Melindungi dari kerusakan sel

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sel kulit mati pada wajah jadi bertambah, salah satunya adalah paparan sinar matahari yang terlalu terik. Setelah seharian beraktivitas, wajah yang terpapar sinar matahari biasanya akan terasa lebih kering dan kusam.


Untuk mengganti sel kulit yang mati akibat paparan sinar matahari tersebut, Anda bisa menggunakan masker madu sebagai pengobatannya.


“Setelah membersihkan wajah dengan micellar water dan mencuci muka dengan mengunakan sabun, aplikasikan masker madu yang Anda miliki. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin (dua sampai tiga kali dalam seminggu), maka sel kulit mati pada wajah akan hilang dengan tuntas sampai ke akarnya,” jelas dr. Dyah Novita.


2. Melembabkan kulit wajah

Selain mencegah kerusakan sel kulit wajah, masker madu juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah.


“Di dalam madu, terdapat senyawa bernama humektan yang mampu mengatasi kekeringan pada kulit wajah. Akan tetapi, bukan berarti wajah yang berminyak tidak bisa menggunakan masker madu. Kandungan itu juga bisa mempertahankan kadar kelembapan pada wajah dan membuat kulit jadi lebih elastis,” terang dr. Dyah Novita.


3. Melembapkan bibir

Selain efektif dalam melembapkan kulit wajah, kandungan humektan dalam madu juga ampuh dalam melembabkan bibir. Jadi, jika memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah, Anda bisa menggunakan masker bibir untuk kembali melembapkannya. Selain itu, minum air putih yang banyak juga bisa melembapkan kembali bibir yang telah kering.


Hanya pelengkap 


Meski masker madu memang disebut efektif merawat kulit wajah, dr. Dyah Novita juga mengatakan bahwa masker madu hanya bisa digunakan sebagai pelengkap perawatan kecantikan wajah. Untuk perawatan rutinnya, seorang wanita wajib melakukan beberapa hal di bawah ini:


1. Rajin mencuci wajah setelah pulang beraktivitas.

2. Menggunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit wajah.

3. Hindari terpapar sinar matahari secara langsung pada siang hari.

4. Cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum minimal 8 gelas setiap hari.

5. Konsumsi sayur dan buah yang kaya akan nutrisi dan mengandung antioksidan tinggi.

6. Gunakan krim malam untuk menghindari wajah kering jika tidur semalaman di ruangan yang menggunakan AC.


Nah, itulah beberapa manfaat dari masker madu untuk kulit wajah dan beberapa tips menjaga kulit wajah agar selalu tampak sehat. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengaplikasikan masker madu pada wajah. Hal ini untuk menghindari kulit jadi teriritasi karena tidak cocok dengan masker tersebut.(*)

Madu, Baguskah untuk Masker Wajah?

Senin, 26/08/2019

Ilustrasi masker madu ( Foto: net )

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.