Jumat, 18/05/2018

Wanita Pendek Sulit Turunkan Berat Badan

Jumat, 18/05/2018

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Wanita Pendek Sulit Turunkan Berat Badan

Jumat, 18/05/2018

logo

Ilustrasi

ADA banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang menurunkan berat badan. Mulai dari usia, tingkat aktivitas, hormon, waktu tidur dan tinggi badan. Untuk poin terakhir, wanita pendek rupanya lebih sulit menurunkan berat badan dibanding temannya yang lebih tinggi. Benar seperti itu?

“Benar. Wanita pendek harus mengonsumsi kalori lebih sedikit bila ingin menurunkan berat badan dibandingkan temannya yang lebih tinggi walau faktor-faktor lain sama,” kata dokter spesialis jantung yang mendalami penurunan berat badan, Luiza Petre.

Itu artinya, wanita pendek yang memiliki tingkat aktivitas dan kesehatan sama seperti wanita tinggi, harus bekerja lebih keras agar menurunkan berat badan. Misalnya dengan mengurangi asupan makan seperti disampaikan Petre.

Hal ini bisa terjadi karena semakin banyak otot di tubuh, semakin cepat metabolisme bekerja. Dan, orang-orang tinggi memiliki lebih banyak otot seperti disampaikan ahli nutrisi Shari Portnoy mengutip laman Health, Jumat (17/5) kemarin. “Sebenarnya, ini sama ketika kita lebih sulit menurunkan berat badan yanga tinggal 2 kg lagi menuju angka ideal,” kata Portnoy.

Faktor lainnya, wanita bertubuh pendek mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sama dengan teman yang lebih tinggi. “Misalnya, seseorang dengan tinggi badan 175 cm berbagi pizza ukuran yang sama dengan temannya dengan tinggi 155 cm. Bagi orang yang pendek, kelebihan kalori menumpuk sementara bagi teman yang tinggi tak jadi masalah,” kata Petre.

Namun, tidak semudah itu mengatakan orang tinggi lebih mudah menurunkan berat badan dibanding orang pendek. Seperti diungkap di atas, ada bebreapa faktor lain seperti gen, hormon, tingkat olahraga, diet, yang turut memengaruhi penurunan berat badan seseorang.

Ada tiga cara untuk orang pendek menurunkan berat badan, yaitu angkat beban, mengetahui kebutuhan tubuh dan menghitung keperluan kalori. (lic)

Wanita Pendek Sulit Turunkan Berat Badan

Jumat, 18/05/2018

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.