Senin, 14/10/2019

Kaltim Harus Tiru Pengelolaan Lahan Bekas Tambang dari Australia

Senin, 14/10/2019

Sarkowi V Zahry

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim Harus Tiru Pengelolaan Lahan Bekas Tambang dari Australia

Senin, 14/10/2019

logo

Sarkowi V Zahry

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA - Di Kaltim, lahan bekas tambang batu bara kerap menyisakan masalah karena saat diitinggalkan lahan yang menjadi lubang dan terisi air kerap memakan korban padahal lahan bekas tambang bisa direhabilitasi menjadi atraksi ekoturisme seperti yang ada di Australia.

Karena itu anggota DPRD Kaltim Sarkowi V Zahri mengatakan Kaltim perlu meniru Australia dalam hal pengelolaan lahan bekas tambang. Pasalnya kewajiban mereklamasi atau merehabilitasi lahan bekas tambang batu bara masih banyak diabaikan oleh perusahaan dan dampaknya harus ditanggung oleh masyarakat di sekitar bekas tambang.

Sama dengan Indonesia dan Kaltim pada khususnya, Australia juga memiliki ribuan kawasan bekas tambang yang belum direhabilitasi. Kalau lahan bekas tambang tersebut dapat dimanfaatkan untuk dialihfungsikan menjadi objek pariwisata maka akan mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kaltim maupun kabupaten/kota. Namun sebelum hal itu direalisasikan, memang perlu ada aturan jelas yang mengatur tentang pengelolaan lahan bekas tambang.

“Dengan kita belajar dan mengetahui pola pengelolaan bekas tambang seperti di Austaralia, maka itu adalah kesempatan untuk mengubah bekas tambang-tambang besar yang sebelumnya beracun menjadi sesuatu yang indah,” kata Sarkowi.

Selain menjadi objek wisata, Sarkowi juga berharap bekas tambang di Kaltim dapat menjadi pusat pendidikan, termasuk pameran fisik dan realitas virtual, untuk mengajari pengunjung nantinya tentang alam. “Jika salah satu bekas tambang di Kaltim dapat merealisasikannya, maka hal ini akan menjadi praktik terbaik rehabilitasi tambang, dan itu akan menjadi contoh rehabilitasi tambang-tambang lainnya,” pungkasnya. (adv)

Kaltim Harus Tiru Pengelolaan Lahan Bekas Tambang dari Australia

Senin, 14/10/2019

Sarkowi V Zahry

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.