2017, Kyriad Grand Sadurengas Raih Keuntungan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     161 kali
img Raih Laba: Bangunan Hotel Kyriad Grand Sadurengas yang sudah mulai menuai laba. Berdiri di tengah keramaian kota, tercatat hunian kamar di hotel ini meningkat dua kali lipat di tahun 2017 jika dibanding tahun 2016.

TANA PASER - Upaya keras mengelola aset daerah akhirnya berbuah manis. Demikian yang dirasakan Manager Kyriad Sadurengas Hotel, Ale Mahrus.

Dia mengungkapkan, pada awal tahun 2016 hotel tersebut merugi. Namun setelah berjalan dengan manajemen yang baru, hotel tersebut sudah bisa menghasilkan keuntungan atau profit hingga mencapai angka 400% lebih.

Ale Mahrus adalah manajer yang baru setahun ini mengelola Hotel Ungu - sebutan lain - di Kabupaten Paser. Bagi dia, keuntungan yang diperoleh sekarang tak lepas dari keuletan dan kesabarannya menjalankan bisnis jasa.

“Awal saya mulai mengelola hotel ini sebenarnya dalam keadaan yang minus, tapi Alhamdulillah berkat ketelatenan dan kesabaran seluruh karyawan akhirnya di awal tahun 2018 ini saya menghitung hotel sudah profit” kata Ale Mahrus.

Dari penjelasan dia terungkap dari jumlah kamar yang digunakan pengunjung mencapai 6.000 kamar selama tahun 2017. Jika dibandingkan dengan penyewaan kamar hotel setahun sebelumnya, 2016 mencapai sektar setengahnya, 3.000 kamar. Penyewaankamar kata dia belum termasuk penyewaan fasilitas lain di hotel itu.

“Tak cuma kamar, fasilitas hotel lain juga secara tak langsung ikut menopang penghasilan di tahun 2017 lalu, misalnya, kolam renang, room karaoke, cafe, ruang pertemuan serta masih ada lagi fasilitas yang sebenarnya kami sediakan bukan hanya untuk tamu yang memesan kamar,” kata dia.

Dengan pengalaman selama tahun 2017, Ale Mahrus merasa masih perlu harus meningkatkan lagi pelayanan fasilitas hotel selain kamar. 

Ale Mahrus Merencanakan akan meningkatkan pelayanan pada event mice.  Pasalnya semakin banyak event yang dilaksanakan di hotel tersebut akan sangat berpengaruh dengan jumlah pengambilan kamar serta penggunaan fasilitas lainnya.

Dengan demikian tidak cukup jika hanya mengandalkan event di tingkat kabupaten saja. Ale Mahrus mengharapakan Pemkab Paser bisa menjadi tuan rumah even provinsi bahkan nasional di Paser. 

“Saya berharap kepada pemerintah, agar di tahun 2018 bisa menarik even nasional ke Paser, dengan demikian pengunjung yang datang ke Paser pasti akan mencari tempat istirahat. Nah disinilah keuntungan pengelola hotel,” pungkasnya. (dc1217)



baca LAINNYA