Jumat, 24/05/2024

Fakta Ilmiah Burung Gagak, Bisa Berhitung dan Sama Pintarnya dengan Kera

Jumat, 24/05/2024

(dailymail)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Fakta Ilmiah Burung Gagak, Bisa Berhitung dan Sama Pintarnya dengan Kera

Jumat, 24/05/2024

logo

(dailymail)

KORANKALTIM.COM – Burung gagak, menyebut nama hewan ini banyak orang langsung teringat dengan warnah hitam bahkan di Indonesia, burung dengan nama ilmiah Corvus ini dikaitkan dengan kematian manusia. 

Yang mungkin tak banyak orang tahu, burung gagak  dikenal sebagai satu diantara hewan terpintar di dunia dan yang terbaru,  para ahli telah menemukan fakta burung gagak dapat menghitung dengan suara keras – mirip dengan balita manusia.

Dalam percobaannya, para peneliti menemukan burung dapat mengontrol jumlah vokalisasi yang mereka hasilkan, menghitung hingga empat sebagai respons terhadap isyarat.

Kemampuan berhitung dengan suara keras, melafalkan 'satu, dua tiga…' memerlukan pemahaman tentang kuantitas numerik dan kontrol vokal yang terarah.

Manusia menggunakan ucapan untuk menghitung dan mengkomunikasikan kuantitas secara simbolis, sebuah keterampilan kompleks yang dikembangkan di masa kanak-kanak.

Sebelum menguasai berhitung simbolik, dimana kata-kata tertentu berhubungan dengan besaran tertentu, balita akan sering menghasilkan sejumlah bunyi ujaran yang sesuai dengan banyaknya benda yang dilihatnya.

Para peneliti dari Universitas Tubingen di Jerman melatih tiga burung gagak untuk menghasilkan antara satu hingga empat vokalisasi sebagai respons terhadap isyarat visual dan pendengaran.

Dalam setiap percobaan, burung gagak harus mengeluarkan sejumlah vokalisasi dan menunjukkan akhir rangkaian vokal dengan mematuk suatu sasaran.

Para penulis menemukan data kalau gagak dapat menghasilkan sejumlah vokalisasi tertentu dengan sukses dan sengaja sebagai respons terhadap isyarat tertentu – suatu tingkat kontrol yang belum teramati pada hewan lain.

Menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal Science, burung-burung tersebut tampaknya merencanakan jumlah vokalisasi sebelum memulai.

Analisis juga menunjukkan waktu dan fitur vokalisasi pertama memperkirakan angka keseluruhan yang akan mereka hitung, sementara setiap angka memiliki fitur akustik yang berbeda dibandingkan yang lain. Hal ini mirip dengan perbedaan bunyi 'satu', 'dua', 'tiga', dan 'empat' dalam ucapan manusia.

“Kompetensi pada burung gagak ini juga mencerminkan keterampilan enumerasi balita sebelum mereka belajar memahami kata-kata bilangan pokok dan oleh karena itu mungkin merupakan pendahulu evolusi penghitungan sebenarnya di mana angka merupakan bagian dari sistem simbol kombinatorial,” kata para peneliti melansir dari dailymail.co.uk Jumat (24/5/2024) pagi ini.

Penelitian sebelumnya menemukan fakta burung gagak sama pintarnya dengan kera dalam hal berpikir secara logistik dan menggunakan alat. Ini mencakup kemampuan seperti penundaan kepuasan dan penalaran, serta kemampuan mengenali diri sendiri di cermin dan merasakan empati.


Editor: Aspian Nur

Fakta Ilmiah Burung Gagak, Bisa Berhitung dan Sama Pintarnya dengan Kera

Jumat, 24/05/2024

(dailymail)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.