Rabu, 30/09/2020

Ternyata Lebih Ampuh Masker Daripada Face Shield

Rabu, 30/09/2020

(Foto: iStockphoto/Capuski)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Ternyata Lebih Ampuh Masker Daripada Face Shield

Rabu, 30/09/2020

logo

(Foto: iStockphoto/Capuski)

KORANKALTIM.COM, JAKARTA -  Pemerintah telah menetapkan pemakaian masker sebagai penutup mulut dan hidung adalah protokol wajib dalam mencegah penularan Covid-19. Terlebih, para pakar mengemukakan. penyebaran virus corona tersebut bisa diminimalisir dengan memakai masker.

Sampai saat ini, tak sedikit yang memakai face shield atau topeng wajah untuk mencegah penularan. Lantas, mana yang lebih efektif dalam menurunkan resiko penularan Covid-19?
Hal itu dijawab oleh Dokter spesialis kesehatan masyarakat Prof dr Hasbullah Thabany, MPH, Dr.PH, yang mengatakan masker dan face shield sama-sama mampu mencegah penularan.

Hanya saja, tingkat efektivitasnya yang berbeda dalam melindungi sumber masuk dari virus tersebut. "95 persen makser melindungi dari virus corona. Anggap, dari 100 orang yang pakai masker, bisa 5 orang yang kena virus dan 95 orang lainnya terlindungi," kata Hasbullah.

Sementara,  pemakaian face shield mampu melindungi tubuh dari penularan virus corona sekitar 66 persen. Misal, ada 100 orang yang memakai face shield di suatu tempat, maka 34 orang bisa tertular.

Sebab, face shield tak melindungi area bawah wajah seseorang, yang memungkinkan dapat menghirup angin yang membawa virus. Jika ingin lebih maksimal, Hasbullah menyarankan proteksi ganda dengan memakai masker dan face shield dalam waktu bersamaan.

"Double protection yang terbaik. Jadi tingkat efektivitasnya 98 persen, memunginkan 98 orang dari 100, terlindungi dari Covid-19," tutupnya. (*)

Editor: Aspian Nur

Berita ini sudah tayang di viva.co.id hari Rabu 30 September 2020 dengan judul Cegah COVID-19, Ahli Sebut Masker Lebih Ampuh Dibanding Face Shield

Ternyata Lebih Ampuh Masker Daripada Face Shield

Rabu, 30/09/2020

(Foto: iStockphoto/Capuski)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.