Enam DPC Hanura Minta Surpani Diganti


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     6 hari yang lalu     205 kali
img Surpani Sulaiman

SAMARINDA - Sebanyak enam pengurus cabang Partai Hanura di Kaltim sepakat meminta Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO) mengganti Ketua DPD Hanura Kaltim, Surpani Sulaiman. Kesepakatan itu diputuskan saat rapat di Jakarta, Rabu, 11 April 2018 di Kantor DPP Hanura.

Dari dokumen kesepakatan yang diterima media ini tercantum pengurus cabang yang menolak Surpani masing-masing; DPC Kota Samarinda, Kabupaten Berau, Kubar, Mahulu, PPU dan Paser. Mereka yang hadir masing-masing membubuhkan tandatangan sekaligus stempel partai.

Ketua Hanura Kabupaten Berau, Feri Hayadi membenarkan adanya kesepakatan itu. Dia menerangkan enam DPC di Kaltim, sepakat meminta DPP Hanura bisa segera mengganti Ketua Hanura Kaltim yang saat ini dipimpin oleh Surpani Sulaiman. Hanura Berau kata dia merupakan salah satu DPC yang menginginkan pergantian tersebut.

“Selain Berau, ada beberapa DPC lain juga ikut menolak kepemimpinan Hanura Kaltim saat ini. Mengingat, masih banyak kader terbaik Hanura Kaltim yang bisa membawa Hanura lebih baik lagi,” terang Feri saat ini yang berada di Jakarta, Kamis (12/4).

Menurut dia dasar dari keinginan tersebut DPC se-Kaltim menilai Suparni tidak mejalankan mekanisme dan AD/ART Partai Hanura dalam menjalankan roda partai selaku ketua. Dan kurangnya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan para DPC. Surpani juga mengganti Sekertaris DPD dengan sewenang-wenang, serta membebani teman-teman anggota dewan dan DPC yang ada.

“DPC Hanura se-Kaltim sepakat dalam rangka menyelamatkan Partai Hanura di Kaltim, DPP segera menindaklanjuti sebelum diadakanya Rakernas Partai Hanura, 7 Mei 2018 mendatang,” pungkasnya.

Sekretaris Hanura Kubar, Suryadi tak membantah jika pengurus di daerahnya juga meminta Surpani diganti. Hanya saja saat ini, Suryadi memilih tidak banyak berkomentar. Dirinya hanya mengikuti petunjuk dari DPP. “DPC Partai Hanura Kubar mengikuti semua arahan DPP di Jakarta,“ kata Sekretaris DPC Hanura Kubar, Suryadi.

Pengurus Hanura Mahakam Ulu (Mahulu) juga demikian. Ketua DPC Partai Hanura Mahakam Ulu (Mahulu) Lidjo Kaya memilih tak berkomentar. Saat dihubungi dirinya mengaku masih di Jakarta. “Maaf pak, no coment, saya masih di Jakarta,” singkatnya.

Ketua Hanura Samarinda, Saipul juga tak jauh berbeda. Dirinya menyatakan hanya akan mengikuti arahan dari DPP menyangkut perbaikan Hanura Kaltim ke depan.

Dihubungi terpisah, Ketua Hanura Kaltim, Surpani membantah kabar gonjang ganjing partai yang dipimpinnya sekarang. Dia mengaku, saat ini dirinya berada di Manado, Sulawesi Utara mendampingi Ketua Umum OSO. “Saya sekarang berada di Manado menghadiri pelantikan DPD Sulut, sekaligus menghadiri pernikahan anak Ketua OKK DPP bersama Ketua Umum,” kata Surpani.

Soal isu dirinya merombak kepengurusan dibantah Surpani. “Belum ada (perombakan pengurus),” katanya. (sab/imr/ind/sn318)

berita TERKAIT


baca LAINNYA