Kamis, 16/05/2024

Banjir di Mahulu Sudah Setinggi Empat Meter, BPBD Kaltim Kerahkan Personel untuk Evakuasi

Kamis, 16/05/2024

Kondisi banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (IST)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Banjir di Mahulu Sudah Setinggi Empat Meter, BPBD Kaltim Kerahkan Personel untuk Evakuasi

Kamis, 16/05/2024

logo

Kondisi banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (IST)

Penulis: Rahmat Surya 

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim bertolak menuju Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) untuk melakukan evakuasi terhadap korban banjir yang ada di kabupaten tersebut. Keberangkatan personel BPBD Kaltim ini dilakukan pada Kamis (16/5/2024) sore. 

Diketahui, sejak 13 Mei 2024 lalu kondisi permukaan air di Mahulu sudah mulai naik, dan pada 16 Mei 2024  kondisi ketinggian air mencapai 4 meter dan merendam sekitar 37 desa dari 4 kecamatan.

Kepala BPBD Kaltim, Agus Tianur menyampaikan, pihaknya sudah diinstruksikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik untuk melakukan koordinasi ke sejumlah pihak guna menangani banjir di Mahulu.

"Sore ini kita bersama Basarnas, dan Balai Wilayah Sungai (BWS) akan berangkat melalui darat menuju Kabupaten Kutai Barat, kemudian dilanjutkan dengan kapal sampai ke Kabupaten Mahulu," ucap Agus, Kamis (16/5/2024).

Menurut informasi yang disampaikan, banjir yang merendam puluhan desa di Kabupaten Mahulu disebabkan adanya limpahan arus deras sungai di Ulu Mahakam yang bersumber dari Sungai Long Apari dan Sungai Boh.

Dia menerangkan, sebenarnya kondisi banjir di kabupaten tersebut sudah lazim terjadi, tetapi banjir kali ini sangat parah karena ketinggian air mencapai 2 hingga 4 meter dari permukaan tanah. "Dan ini terus naik, yang kita khawatirkan jika terjadi hujan kemungkinan ketinggian air akan naik lagi," sebutnya.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan,  saat ini pihaknya tengah fokus melakukan mobilisasi pemberian bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu, dan sekarang Dinas Sosial Provinsi Kaltim telah menyiapkan sekitar 6 ribu paket logistik sembako yang akan didistribusikan ke beberapa lokasi.

"Pendistribusian bantuan ini nantinya dilakukan menggunakan kapal untuk memudahkan mobilisasi, karena untuk sementara akses darat masih belum memungkinkan," terangnya.

Lalu dari Dinas Kesehatan Kaltim juga mendiskusikan obat-obatan yang akan dikirim bagi masyarakat yang terdampak banjir. Kemudian dalam proses evakuasi tersebut, Agus telah menyiapkan sekitar 6 personel anggota BPBD Kaltim yang akan dibantu 6 personel juga dari Basarnas, serta BPBD dari tiap-tiap kabupaten kota se-Kaltim.

"Untuk sementara mengapa kita mengerahkan sekitar 6 personel dulu, ini disebabkan kesulitan tranportasi, dan saat ini juga sudah ada personel dari BPBD Kubar, serta TNI-Polri ada yang telah di lapangan, guna mengidentifikasi terkait kondisi di Mahulu," jelasnya.


Editor: Maruly Z

Banjir di Mahulu Sudah Setinggi Empat Meter, BPBD Kaltim Kerahkan Personel untuk Evakuasi

Kamis, 16/05/2024

Kondisi banjir di Kabupaten Mahakam Ulu (IST)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.