Selasa, 18/01/2022

Cek Dua Akun Instagram Ini, Bukti Media Sosial Hanya Fantasi untuk Selebriti dan Sosialita Dunia

Selasa, 18/01/2022

Tampil wajah Marta Lozano, artis Spanyol sebelum dan sesudah diedit yang diunggah akun @bellezafalsa. (Foto: bellezafalsainstagram)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Cek Dua Akun Instagram Ini, Bukti Media Sosial Hanya Fantasi untuk Selebriti dan Sosialita Dunia

Selasa, 18/01/2022

logo

Tampil wajah Marta Lozano, artis Spanyol sebelum dan sesudah diedit yang diunggah akun @bellezafalsa. (Foto: bellezafalsainstagram)

KORANKALTIM.COM – Tak bisa dipungkiri, pengguna media sosial di dunia selalu menampilkan sisi terbaik dari foto maupun video yang ingin mereka unggah.

Terutama kaum wanita dari kalangan selebritis, unggahan foto atau video mereka di Instagram atau media sosial lainnya, lebih kepada keinginan untuk memperlihatkan kecantikan dan keindahan tubuh.

Dan sejak beberapa tahun lalu terutama saat media sosial populer di dunia, gerakan positif tubuh yang dipimpin oleh feminis atau kaum wanita, aktivis bahkan model dan selebriti, mencoba meyakinkan pengguna internet kalau apa yang mereka lihat di Instagram tidak nyata.

Sedemikian rupa hal itu digemakan sehingga pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Case24 menyatakan 81 persen pengguna Instagram menolak untuk memposting selfie tanpa memperbaikinya, sementara pada tahun 2021, University of London mengungkapkan 90 persen wanita mencari filter foto terbaik sebelum diunggah.

Artinya, media sosial terutama Instagram tidak lebih dari penipuan atau fantasi. Meski begitu, hari demi hari, ribuan selebritas menjadi korban tren tersebut dan terkadang tanpa disadari terus mengabadikan stereotip melalui jaringan.

Namun beberapa Instagrammer telah memutuskan untuk menghadapi penipuan ini dan membuat akun yang menunjukkan seperti apa selebritis dunia tanpa photoshop.

Dilansir Korankaltim.com dari laman Elmundo.es Selasa (18/1/2022) hari ini, akun @celebface yang dikenal secara internasional dan @bellezafalsa dari Spanyol jadi media yang mengungkapkan kepalsuan di dunia maya tersebut.

Pada dua akun itu menampilkan foto asli, potret yang dibuat oleh agensi atau berpose di sebuah acara dan membandingkannya dengan yang dipublikasikan aktris, penyanyi dan sosialita di Instagram.

Sejak didirikan Januari 2020 lalu, @bellezafalsa yang pemiliknya lebih memilih untuk tidak disebutkan namanya, telah mengekspos ratusan tokoh masyarakat, diantaranya Anabel Pantoja yang mengecilkan perut dan memposting, Sara Carbonero yang memuluskan kulitnya, Rocío Flores yang menyempurnakan wajahnya dan Blanca Suárez, yang cenderung menghilangkan segala ketidaksempurnaan di wajahnya.

Di @bellezafalsa, terlihat Rosalía mengubah gambar yang diunggahnya dari kunjungan terakhirnya ke Spanyol, membuat siluetnya terlihat lebih ramping,  skandal besar yang membuat lebih dari 23 orang merenung dan mengernyitkan dahi karena merasa tertipu.

Namun, tidak semua orang memahami "misi" @bellezafalsa mengungkap sisi berbeda dari wajah atau tubuh selebritas dan sosialita.

Rocío Amar, mantan kontestan  Men and Women Spayol yang diketahui juga sebagai selingkuhan mantan pemain Real Madrid  Jesé Rodríguez, sempat datang dan meminta penjelasan administrator @bellezafalsa untuk membuktikan dia menghilangkan lingkaran hitam di bagian mata, mengangkat tulang pipi, mengubah bibir dan matanya dan menghapus kerutan di wajahnya.

"Saya memperingatkan kalau Anda mengunggah foto saya lagi, saya tidak memberi izin dan akan melaporkan ke pengadilan," tulis media melalui Instagram.

Meski begitu, @bellezafalsa tetap melanjutkan misinya dan menurut komentar di Instagramnya, lebih dari 166.000 pengikut telah berhasil memahami betapa mudahnya ditipu dengan foto yang dimodifikasi dan tidak diperbaiki secara seksama.

Contohnya beberapa bulan yang lalu, Andrea Duro, aktris Spanyol, mengunggah foto dirinya dengan  bahu yang kecil, pinggul dan kakinya yang ramping namun  tidak memperhatikan posisi mobil di dekatnya yang berubah bentuk menjadi sangat aneh karena foto dirinya diedit tak maksimal.

Hal sama yang terjadi pada Pilar Rubio tahun lalu, ketika mampu “mengubah” pintu di kamarnya di El hormiguero menjadi melengkung saat memperlihatkan rambutnya yang indah.

Di sisi lain, akun @bellezafalsa menjadi terkenal karena menyelamatkan foto-foto lama dan membandingkannya dengan yang baru, dengan tujuan untuk membuat sentuhan estetika beberapa karakter terlihat.

Seperti Marta López lamo, Oriana Marzoli, Mar Torres, Jessica Goicochea, Ester Expósito dan istri Cristiano Ronaldo Georgina Rodríguez, yang saat ini memiliki hidung yang sangat berbeda dari yang dia miliki 15 tahun lalu, serta bibir seksi dan bulat, sangat berbeda dari ciri khasnya sebelum terkenal di dunia.

Meskipun demikian, para pengikut @bellezafalsa menyetujui satu hal, Georgina terlihat cantik sebelum dan sesudah operasi.

Editor: Aspian Nur

Cek Dua Akun Instagram Ini, Bukti Media Sosial Hanya Fantasi untuk Selebriti dan Sosialita Dunia

Selasa, 18/01/2022

Tampil wajah Marta Lozano, artis Spanyol sebelum dan sesudah diedit yang diunggah akun @bellezafalsa. (Foto: bellezafalsainstagram)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.