Makam Daeng Mangkona Dibersihkan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 bulan yang lalu     136 kali
img BERSIH-BERSIH: Sejumlah warga ikut membersihkan kawasan makam pendiri Kota Samarinda, Daeng Mangkona. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan untuk menyambut HUT Kota Samarinda ke-350. (Foto: Rusdi/kk)

SAMARINDA - Persiapan jelang perayaan HUT Kota Samarinda ke-350 dan HUT Pemkot Samarinda ke-58 tewrus dilakukan.  Salah satunya adalah, budaya atau tradisi untuk membersihkan makam dari Pendiri Kota Samarinda Daeng Mangkona.  

Secara bersama-sama, ratusan warga mulai  dari pelajar, ASN, hingga TNI melakukan kegiatan pembersihan dengan bergotong-royong di sekitar Taman Makam Lamohang Daeng Mangkona di Sekitar Makam Daeng Mangkona, Samarinda Seberang, Jumat (12/1) kemarin.

Kepada Koran Kaltim, Camat Samarinda Seberang Ansarullah mengatakan, selain tujuan nyata bersih-bersih untuk persiapan HUT, kegiatan gotong royong tersebutb juga dalam rangka menjalin silaturahim antar semua lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah, semua ikut serta dari pelajar semua lurah, TNI, iya ini sebagai bentuk kebersamaan kita,” ujar Ansarullah saat dihubungi melalui sambungan telpon.

Nantinya, lanjutnya rombongan Walikota akan melakukan ziarah ke Makam Daeng Mangkona, pada 19 Januari mendatang.  Rangkainnya, rinci Ansarullah, setelah berkeliling dengan kapal wisata dari dermaga Pasar Pagi, Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan rombongan akan singgah di dermaga Batang Aji, Samarinda Seberang.

Dari Batang Aji, Walikota dan rombongan akan berjalan kaki ke Taman Makam Lamohang Daeng Mangkona.  Usai mengikuti serangkaian acara di Taman Makam, Walikota dan rombongan akan menggelar sholat bersama di Mesjid Shiratal Mustaqiem, Jalan Pangeran Bendahara. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Festival Adat Budaya Bugis, dan launching Gerakan Menabung di SDN 008 Samarinda Seberang, Jalan Bung Tomo.

“Sekarang kondisi sekitar makam sudah bersih, dan siap,” tukasnya.

Ansarullah menuturkan, Taman Makam Daeng Mangkona ini memang selalu salah satu lokasi pusat acara dalam setiap pelaksanaan HUT Kota Samarinda dan HUT Pemkot Samarinda setiap tahunnya.

Tujuannya, agar setiap masyarakat tidak melupakan jasa-jasa pendiri, yang telah bersusah-payah membuka dan membangun Kota Samarinda di masa lalu. “Mengingat beliau, perjuangan beliau, sehingga menjadi Kota Samarinda,” paparnya. (rs)

berita TERKAIT


baca LAINNYA