Akhir Januari, Runway BSB Tuntas


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     399 kali
img RAMPUNG: Pembangunan runway BSB akan selesai akhir Januari tahun ini.

SAMARINDA - Langkah Pemprov Kaltim dalam membangun Bandara Samarinda Baru (BSB) sebentar lagi tuntas. Bahkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim menargetkan runway bandara tersebut akan rampung akhir Januari. Hal ini ditegaskan oleh PPTK BSB, Heru Santosa.

“Kalau tidak ada gangguan cuaca, runway akan tuntas akhir Januari. Memang biasanya setiap pekerjaan perlu didukung dengan cuaca. Kalau tidak, pasti banyak yang akan tertunda kalau cuaca tidak mendukung,” ujar Heru.

Sehingga lanjutnya, panjang landasan pacu bandara yang kemudian disebut Bandara ALAT Pranoto kini memiliki panjang hingga 2.250 meter.

Namun ia memastikan semua pekerjaan akan rampung tahun ini juga. Bahkan dalam waktu dekat Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi BSB.

“Namun penyelesaian tetap dilakukan setelah kunjungan. Yang jelas saat ini kami masih fokus untuk pembebasan lahan,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihak Angkasa Pura (AP) I juga telah mengunjungi bandara yang terletak di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara.

Hal ini pun menjadi dukungan bagi pihaknya untuk segera menuntaskan pekerjaan sesuai dengan target yang ditentukan.

“Dengan berkunjung nya tim dari Angkasa Pura I, kami pun semakin optimis menuntaskan pekerjaan karena mendapat dukungan dari mereka,” tutur Heru.

Sebelumnya ia menuturkan sampai saat ini pihaknya masih menyelesaikan persoalan pembebasan lahan bagi masyarakat yang sudah ditetapkan sejak 1998 silam.

“Sebenarnya secara keseluruhan total bangunan ada 15 dan sudah kami tuntaskan secara bertahap dan saat ini memang tinggal satu bangunan lagi yang akan kami tuntaskan dengan menggandeng pihak kecamatan dan kelurahan,” tutup Heru. (ms)


baca LAINNYA