238 Ribu e-KTP Segera Dicetak


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     238 kali
img REKAM DATA: Warga Samarinda kini boleh merasa lega, karena proses perekaman data kependudukan dan pencetakan KTP elektronik sudah mulai lancar, sehingga diharapkan sekitar 200 ribu e-KTP dapat segera dilakukan pencetakan.

SAMARINDA - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Samarinda, Abdullah mengatakan dalam waktu dekat bisa mencetak tambahan sekitar 238 ribu Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e). “Di Samarinda terdapat sekitar 538 ribu warga yang wajib memiliki KTP-e. Dari jumlah itu sudah terlayani sekitar 300 ribu sehingga masih kurang sekitar 238 ribu yang harus digenjot untuk memperoleh KTP-e,” ucapnya.

Menurut Abdullah, di kisaran pertengahan tahun 2018 kekurangan 230 ribu KTP-el tersebut akan dapat tercetak karena berbagai kebutuhan dari pemerintah pusat sudah dikirim, sehingga pihaknya tinggal mencocokkan data warga yang sudah mendaftar untuk kemudian mencetaknya.

“Apalagi belum lama ini kami sudah dibantu oleh anggota DPR RI, Bu Hetifah dengan memfasilitasi pembuatan 2.000 KTP-el yang langsung jadi dalam sehari walau hari ini khusus untuk kaum perempuan, sehingga untuk ke depannya tentu dapat meringankan pekerjaan Dukcapil Samarinda yang tinggal mencetak kekurangannya,” ucap dia.

Di sisi lain, lanjutnya, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah mengirim sebanyak 12.000 blanko KTP-el sehingga sampai akhir 2017 ini pihaknya akan terus melakukan pencetakan.

Proses perekaman data dan pencetakan e KTP yang belum selesai selama 2017, akan dilanjutkan di hari-hari berikutnya sehingga diyakini pada pertengahan 2018 dapat tuntas, kemudian dilanjutkan dengan mencetak untuk pendaftar baru bagi warga yang memasuki usia 17 tahun.

Ia menuturkan bahwa pencetakan KTP-el tidak akan pernah berhenti karena setiap hari atau setiap pekan selalu ada warga yang memohon pembuatan KTP baru, seiring usia mereka yang menginjak 17 tahun.

“Sebelumnya, kami memang mengalami kendala dalam mencetak KTP-el karena berbagai masalah yang ada, termasuk belum adanya blanko dari pusat. Tapi kini semua persoalan ini sudah dapat diatasi karena kendala yang dihadapi oleh semua daerah termasuk di Samarinda ini sudah beres,” kata Abdullah. (ant)


baca LAINNYA