Selasa, 20/10/2020

Review Nintendo Switch, Game Console dari Nintendo yang Ramai Peminat

Selasa, 20/10/2020

Nintendo (Foto: nintendo.co.uk)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Review Nintendo Switch, Game Console dari Nintendo yang Ramai Peminat

Selasa, 20/10/2020

logo

Nintendo (Foto: nintendo.co.uk)

Bagi peminat game console tentunya tak asing dengan Nintendo Switch. Handheld console yang dirilis oleh Nintendo secara resmi di tahun 2017 lampau ini hingga sekarang masih tetap populer. Bisa dibilang, Nintendo Switch merupakan perangkat game console idaman yang sangat diminati. Bahkan, tidak berlebihan jika game console ini disebut sebagai penentu generasi emas pada industri game. Jenis console hybrid ini menjadi perangkat yang tepat bagi Anda yang ingin bermain game Zelda: Breath of The Wind. Game console ini juga dapat dibawa kemanapun Anda pergi. Bagi Anda yang sedang melakukan wisata misalnya, dapat mengisi waktu luang selama liburan dengan bermain game console ini. Dari segi spesifikasi, Nintendo Switch ini juga cukup unggul. Bagi Anda yang mempertimbangkan untuk membeli game console ini, berikut adalah ulasan lengkap tentang spesifikasi, beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Nintendo Switch.

Spesifikasi Nintendo Switch

Sebelum memutuskan untuk membeli Nintendo Switch, memang sebaiknya Anda mempertimbangkan dari segi spesifikasi. Salah satu sorotan utama dari perangkat Nintendo Switch ini adalah kehadiran prosesor Nvidia Tegra X1 dengan komponen Octa-core yang tertanam di dalamnya. Prosesor Nvidia Tegra X1 memang dikenal sebagai salah satu prosesor yang tangguh dan mampu menjamin agar performa perangkat ini jadi semakin maksimal. Terlebih lagi, Nintendo juga memasangkan prosesor tersebut dengan chipset grafis Maxwell dengan 256 core berkecepatan 768 Mhz. Spesifikasi chipset yang canggih tersebut memungkinkan Anda memainkan video game dengan kapasitas 4K dengan tanpa masalah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat memasangkan perangkat ini pada docking. Selain itu, resolusi yang didapatkan juga akan lebih maksimal jika Anda menghubungkannya pada TV. Resolusi yang didapatkan pun dapat mencapai 1080 pixel. Ini tentunya lebih besar dibandingkan jika Anda memainkan game dengan hanya mengandalkan perangkat Switch. Pasalnya, Nintendo memang berusaha menekan biaya produksi dengan menyematkan layar beresolusi 720 pixel. Baterai yang diusung Nintendo Switch ini juga lumayan tangguh. Terbukti saat dibuat bermain game “The Legend of Zelda: Breath of The Wild, perangkat ini mampu bertahan selama 3 jam dalam masa sekali isi ulang daya. Tentu saja, hal tersebut juga bergantung pada jenis game yang Anda mainkan.

Untuk ruang penyimpanan memori, Nintendo membekali perangkat console game Switch ini dengan memori internal seluas 32 GB. Memori tersebut dapat diperluas cukup dengan memanfaatkan slot microSDXC. Perangkat ini juga mengusung slot tersendiri untuk memasukkan game ke dalamnya. Slot berjenis cartridge tersebut disebut dengan game card. Dengan menggunakan game card tersebut, Anda bisa memainkan berbagai game Nintendo Switch dengan mudah. Dari segi harga, Nintendo Switch ditawarkan dengan kisaran harga 4.5 juta. Anda bisa dapatkan perangkat game ini di toko game console terdekat atau membelinya secara online.

Intip Kelebihan yang Dimiliki Nintendo Switch

Setelah mengetahui spesifikasi detail dari Nintendo Switch, kini saatnya Anda mengetahui sisi kelebihan dan kekurangannya. Ini tentunya sangat membantu Anda dalam menentukan untuk membeli perangkat game ini atau tidak. Yuk, simak dulu sederet keunggulan yang dimiliki Nintendo Switch berikut ini:

1.       Portabilitas yang Fleksibel

Salah satu hal yang membuat Nintendo Switch menjadi unggul adalah dari segi portabilitasnya. Dibandingkan dengan perangkat game console lainnya seperti Xbox One atau Playstation 4, Nintendo Switch memang menawarkan kemudahan dalam memainkan berbagai macam game. Anda tidak perlu mencolokkan perangkat ini ke sumber listrik agar dapat mengakses berbagai macam game di dalamnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu menghubungkannya pada perangkat televisi. Pengalaman gaming yang diberikan oleh perangkat Nintendo Switch ini pun kurang lebih mirip. Jika Anda ingin memaksimalkan pengalaman gaming dengan Nintendo Switch, maka akan lebih baik jika menyambungkan perangkat tersebut dengan televisi. Sehingga, kualitas grafis yang didapatkan pun akan lebih baik lagi.

2.       Cocok untuk Dipakai Bermain Bersama

Keunggulan lainnya dari Nintendo Switch adalah, perangkat ini memungkinkan Anda untuk bermain dengan teman-teman. Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, dapat bermain Nintendo Switch untuk mengisi malam minggu. Perangkat Nintendo Switch ini memiliki dua buah controller Joy Con yang dapat dipisahkan dan dipasangkan secara nirkabel. Dengan begitu, Anda pun dapat berbagi keseruan bermain game The Legend of Zelda bersama pasangan atau teman terdekat. Permainan game Anda pun tentunya akan menjadi semakin seru.

3.       Bermain dengan 3 Mode Game yang Berbeda

Keunikan lainnya dari Nintendo Switch adalah mode 3 in 1 yang membuat permainan jadi terasa tidak membosankan. Mode pertama adalah Anda dapat memasangkan Joy con Nintendo Switch ini pada perangkat tablet dan memainkan berbagai macam game di dalamnya. Mode ini disebut dengan mode handheld yang menjadi mode standar pada Nintendo Switch.

Selain itu, Anda juga bisa memainkan game pada Nintendo Switch ini dengan memanfaatkan Tabletop Mode. Pada mode ini, Anda dapat melepas Joy Con dari perangkat Switch dan memasangkannya pada Joy Con Grip atau Joy Con Wrist Strap. Setelah itu, Anda dapat memasang penyangga atau headstand dan menyandarkan tablet Nintendo. Dengan begitu, Anda dapat memainkan berbagai macam game dengan teman atau pasangan tanpa perlu khawatir tangan merasa pegal.

Mode terakhir adalah TV Mode. Untuk mengaktifkan mode ini, Anda dapat memasangkan perangkat Nintendo Switch tersebut pada TV dengan menggunakan Nintendo Switch Dock. Tentunya, Anda juga perlu mencopot Joy Con agar dapat dimainkan bersama dengan teman-teman. Permainan Anda pun akan terasa semakin menyenangkan. Kualitas grafis dari game yang dimainkan pun kabarnya jauh lebih baik dalam mode ini. Ini bisa menjadi mode bermain terbaik jika Anda sedang mengundang teman-teman untuk meramaikan akhir pekan.

4.       Kualitas Produk (Build Quality) yang Sangat Baik

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Nintendo Switch adalah kualitas produk yang kokoh dan tahan lama. Console game ini memang dirancang secara khusus sehingga Anda tidak perlu khawatir saat membawanya menempuh perjalanan. Desainnya yang ramping membuat Nintendo Switch dapat muat di dalam tas backpack dengan pas. Anda tidak perlu khawatir tas akan terlalu berat. Layar seluas 6.2 inch yang dimiliki Nintendo Switch ini juga memiliki build yang kokoh. Walaupun layar game console ini tidak dibekali dengan Corning Gorilla Glass, Anda dapat membeli tempered glass ataupun screen protector yang bisa diperoleh dengan mudah dan dengan harga yang murah.

5.       Kapasitas Baterai yang Tangguh

Bagi Anda yang hobi bermain game, tentunya menginginkan perangkat yang mampu mengakomodasi kebutuhan gaming secara maksimal. Nintendo mengabulkan permintaan para penggiat game dan membekali switch dengan kapasitas baterai yang sangat memuaskan. Tergantung dari jenis game yang Anda mainkan, daya tahan dari baterai Nintendo Switch ini berkisar di angka 2 – 4 jam. Untuk permainan Legend of Zelda: Breath of The Wind, game console ini mampu bertahan selama 3 jam durasi permainan dalam satu charge. Sedangkan untuk memainkan game-game ringan seperti FIFA 18, misalnya. Game ini bisa bertahan hingga 4 jam lamanya.

6.       Tampilan Grafis yang Memanjakan Mata

Nintendo Switch memang hanya dipasangi dengan layar seluas 6.2 inch dengan resolusi 720 pixel. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena perangkat ini tetap hadir dengan kualitas warna dan grafis yang memuaskan. Kualitas grafis yang ditawarkan Nintendo Switch ini termasuk ke dalam kelas HD dengan tingkat kecerahan yang mengagumkan. Anda dapat memainkan aneka macam game dengan kecepatan frame rate mencapai 60fps. Jika Anda merasa kurang puas dengan resolusi yang ditampilkan dapat langsung memasangkannya pada dock untuk terhubung pada perangkat TV. Dengan demikian, kualitas resolusi yang diperoleh pun akan jauh lebih besar dan jelas.

7.       Bermain Mobile Game juga Jadi Semakin Seru

Bagi Anda yang ingin memainkan mobile games kekinian, juga bisa memainkannya lewat Nintendo Switch. Perangkat game ini dibekali dengan kapasitas RAM seluas 2 GB. Sehingga Anda memang hanya bisa memainkan 1 game di satu waktu. Namun, Anda dapat menyimpan game-game yang akan dimainkan pada kartu MicroSD untuk kemudian dipasangkan pada perangkat Nintendo Switch tersebut. Untuk memaksimalkan performa, sebaiknya Anda memilih kartu MicroSD berkapasitas lapang dengan kemampuan write dan read yang besar.

Selain memiliki sejumlah kelebihan, Nintendo Switch pun tak luput dari beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh perangkat Nintendo Switch ini.

1.       Kualitas Layar yang Kurang Memuaskan

Salah satu keluhan yang paling sering diajukan oleh pengguna Nintendo Switch adalah kualitas layar yang dianggap belum memuaskan. Hal ini dikarenakan Nintendo Switch masih menggunakan jenis layar IPS LCD. Panel layar tersebut memang memiliki kecenderungan untuk memantulkan bayangan dengan cukup jelas. Sehingga, hal tersebut dapat mengganggu kenikmatan Anda dalam bermain game. Terlebih lagi, jika Anda memainkan game tersebut di ruangan terbuka.

Selain itu, tidak adanya lapisan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass juga menjadi poin kelemahan dari perangkat Nintendo ini. Hal tersebut membuat layar game console ini menjadi lebih mudah tergores. Namun, Anda dapat meminimalisir resiko goresan tersebut dengan memasangkan tempered glass pada permukaan layar.

2.       Nintendo Switch Hanya Mendukung Sistem Penyimpanan Internal

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh perangkat Nintendo Switch adalah, sistem penyimpanan yang kurang fleksibel. Walaupun Anda bisa menggunakan memori eksternal untuk menyimpan game, begitu kartu MicroSD tersebut dicabut dari perangkat, maka progress yang sudah tersimpan akan turut terhapus. Dengan kata lain, game yang Anda mainkan hanya dapat dimainkan pada satu console saja.

Anda tidak dapat menyimpan game tersebut pada perangkat Nintendo Switch milik teman maupun sebaliknya. Jika Anda ingin memainkan game tersebut pada perangkat console lain maka game tersebut harus diformat ulang. Itu artinya, Anda harus memulai kembali progress dari nol. Hal ini nampaknya memang sengaja dilakukan oleh pihak Nintendo untuk membatasi player yang bergantian mainan console.

3.       Aksesoris Nintendo Switch yang Mahal

Untuk memaksimalkan pengalaman gaming dengan Nintendo Switch, akan lebih mantap jika Anda memiliki perlengkapan aksesoris yang tepat. Namun, aksesoris dari game console ini terbilang cukup mahal. Untuk perlengkapan aksesoris Nintendo Switch saja dapat mengkonsumsi biaya yang mencapai 2 jutaan. Oleh karena itu, Anda perlu lebih bijaksana dalam menentukan aksesoris Nintendo Switch yang akan dibeli. Misalnya, Anda sebaiknya berfokus pada aksesoris yang esensial terlebih dulu. Contohnya, seperti screen protector dan cover yang dibutuhkan agar console Anda jadi lebih awet. Setelah itu, barulah Anda dapat mulai untuk membeli aksesoris yang lainnya.

Demikianlah ulasan lengkap tentang spesifikasi, kelebihan, serta kekurangan dari Nintendo Switch. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk membeli perangkat game ini. Jangan lupa juga untuk mengunduh berbagai game Nintendo Switch seru.

Review Nintendo Switch, Game Console dari Nintendo yang Ramai Peminat

Selasa, 20/10/2020

Nintendo (Foto: nintendo.co.uk)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.