Jumat, 15/03/2024

Menang Aggregate Besar, Liverpool dan AC Milan Lolos 8 Besar Europa League

Jumat, 15/03/2024

Bobby Clark (kanan), ikut menyumbang gol dalam kemenangan besar Liverpool pagi tadi. (gettyimages)

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Menang Aggregate Besar, Liverpool dan AC Milan Lolos 8 Besar Europa League

Jumat, 15/03/2024

logo

Bobby Clark (kanan), ikut menyumbang gol dalam kemenangan besar Liverpool pagi tadi. (gettyimages)

KORANKALTIM.COM - Dua nama besar di pentas sepakbola Eropa, AC Milan dan Liverpool, sama-sama lolos ke babak 8 Besar Europa League usai meraih kemenangan dengan aggregate besar kala memainkan leg kedua yang kelar Jumat (16/3/2024) dini hari dan pagi tadi.

Di Eden Arena, Republik Ceko yang jadi markas Slavia Praha, wakil Italia AC Milan menang back to back dari tuan rumah. Setelah leg pertama unggul 4-2, pada laga kedua yang dimainkan  lebih awal, AC Milan kembali menang 1-3, membuat aggregate jadi 7-3 untuk meloloskan Rosonerri ke 8 Besar. 

Kartu merah untuk pemain Slavia Praha Tomas Holes menit 20 membuat tim tamu memanfaatkan momen, mencetak gol menit 33 via Christian Pulisic, digandakan Ruben Loftus-Cheek menit 36 dan gol indah Rafael Leao menit 45+6. Slavia hanya mencetak satu gol menit 84 lewat Matje Jurasek. Juara Eropa tujuh kali itu memegang kendali penuh dalam pertandingan ini.

"Kami lebih banyak mengendalikan permainan, mencetak tiga gol dan jalannya pertandingan cukup jelas," kata manajer Milan, Stefano Pioli.

Milan menghadapi masalah saat kiper Mike Maignan terpaksa keluar dari lapangan lebih awal karena cedera lutut. "Dia merasakan sakit di lututnya, dia sudah lebih baik sekarang. Sepertinya tidak ada yang terlalu mengkhawatirkan, mari kita lihat bagaimana reaksinya besok," ujar Pioli.

Pada laga lain, tim asal Republik Ceko lainnya,  Sparta Praha, harus merasakan kegetiran karena gawang mereka dijebol 11 kali dalam aggregate kala menghadapi wakil Inggris Liverpool. Kalah 1-5 di leg pertama, pada leg kedua The Reds mencetak setengah lusin gol di Anfield Stadium pagi tadi dengan skor akhir 6-1 lewat gol Darwin Nunez menit 7, Bobbby Clark menit 8, Mohammed Salah menit 10, dua gol Cody Gakpo menit 14 dan 55 serta gol penutup Dominik Szoboszlai menit 48 dengan sebiji gol tim tamu dicetak Veljko Birmancevic menit 42.

Ini merupakan aggregate terbesar Liverpool di kompetisi Eropa selama lebih dari empat dekade, saat mereka menyamai kemenangan 11-2 atas tim asal Finlandia, Oulun Palloseura, pada putaran pertama Piala Eropa 1980-81.

"Dia [Klopp] adalah satu-satunya manajer yang saya kenal di klub ini, jadi kepergiannya sangat menyedihkan," kata  pemain bertahan Liverpool Conor Bradley. 

Bradley menegaskan Liverpool ingin memenangkan semua trofi yang mungkin untuk sang pelatih Jurgen Klopp yang akan segera pergi.

"Kami hanya ingin memenangkan semua trofi yang kami bisa untuknya dan memberikan perpisahan terbaik yang kami bisa," ujar bek sayap Irlandia Utara itu kepada TNT Sports.

Liverpool juga berada di urutan kedua di Liga Premier dan akan menghadapi Manchester United di babak delapan besar Piala FA, saat mereka ingin menambah lebih banyak trofi setelah kemenangan mereka di Carabao Cup pada bulan Februari.

Mohamed Salah di laga ini mencatatkan gol ke-20 dan dalam prosesnya menjadi pemain pertama dalam sejarah klub yang mencapai angka tersebut dalam tujuh musim berturut-turut.

"Mo hanya memberikan dan memberikan dan memberikan, keinginannya tidak berhenti, kualitasnya ada di sana dan keinginannya untuk mencetak gol tidak berhenti," kata Klopp.

"Dia telah berkembang dalam banyak aspek sejak dia mulai di sini. Begitulah adanya, dia tidak akan berhenti. Dalam tujuh tahun bersama dengannya, satu masalah yang tidak pernah kami miliki adalah konsistensi," sebutnya.

Wakil Inggris lainnya  West Ham United menghancurkan tim asal Jerman, Freiburg, dengan sebuah kemenangan yang menjadi rekor.

The Hammers menghancurkan Freiburg 5-0 berkat gol-gol dari Lucas Paqueta, Jarrod Bowen, Aaron Cresswell dan dua gol dari Mohammed Kudus untuk meraih kemenangan terbesar mereka di kompetisi besar Eropa dan membawa mereka ke babak delapan besar dengan skor agregat 5-1.

David Moyes, dalam pertandingan ke-250 sebagai manajer West Ham, memberikan pujian kepada timnya.

"Kami terlihat ingin mencetak gol malam ini dan terlihat sebagai ancaman yang lebih besar. Jelas, kami memiliki dua atau tiga pemain individu yang luar biasa yang membantu kami mencetak gol. Itu adalah penampilan yang brilian bagi kami untuk menang dengan lima gol," kata Moyes kepada UEFA.com.

Pada pertandingan lain, terlepas dari kemenangan 3-1 Villarreal di kandang atas Olympique de Marseille, dengan gol-gol dari Etienne Capoue, Alexander Sorloth dan Yerson Mosquera, tim asal Prancis ini memastikan kemenangan agregat 5-3 berkat gol di menit-menit akhir dari Jonathan Clauss.

Tim dari Jerman, Bayer Leverkusen sempat mengalami masalah saat tertinggal 0-2 dari tamunya Qarabag, sebelum bangkit dan mengamankan kemenangan 3-2 atas tamunya tersebut. 

Atalanta menyusul langkah Milan untuk menuju perempat final setelah menang 2-1 atas tamunya Sporting, yang membuat mereka memiliki kemenangan agregat 3-2. Nasib lebih baik dimiliki tim Portugal lainnya, Benfica, yang menang 1-0 atas Rangers untuk meraih kemenangan agregat 3-2. Tim Italia lainnya, AS Roma, juga melangkah ke fase berikutnya dengan kemenangan agregat 4-1, meski kalah 0-1 dari Brighton pada leg kedua.


Editor: Aspian Nur

Menang Aggregate Besar, Liverpool dan AC Milan Lolos 8 Besar Europa League

Jumat, 15/03/2024

Bobby Clark (kanan), ikut menyumbang gol dalam kemenangan besar Liverpool pagi tadi. (gettyimages)

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.