Minggu, 13/08/2017

Waspada Ancaman Jaang – Rizal

Minggu, 13/08/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Waspada Ancaman Jaang – Rizal

Minggu, 13/08/2017

SAMARINDA – Koalisi dua pemimpin Samarinda dan Balikpapan menghadapi Pilgub Kaltim 2018 sepertinya mendekati kenyataan. Setelah pertemuan di Rumah Makan Torani, Balikpapan yang difasilitasi langsung oleh Agus Harimurti Yudhoyono, Syaharie Jaang dan Rizal Effendi terlihat semakin percaya diri. Para pengamat pun menyebut pasangan itu bisa memberi kejutan di perhelatan lima tahunan nanti. 

Pengamat Politik Universitas Mulawarman (Unmul) DB Paranoan menilai, sikap Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang menetapkan Walikota Balikpapan Rizal Effendi sebagai wakilnya adalah langkah brilian. Pasangan itu memiliki bonus demograsi yang luar biasa. Koalisi itu mengincar gabungan suara dari warga Samarinda dan Balikpapan yang dijadikan target pemilih. Pasangan itu akan mengancam calon terkuat saat ini, Rita Widyasari. 

“Jaang-Rizal yang akan berpasangan di Pilgub Kaltim adalah pasangan yang akan sangat diperhitungkan nanti. Dari kuda hitam, mereka bisa menjelma menjadi penantang serius calon terkuat saat ini,” kata DB Paranoan, Minggu (13/8) kemarin.

Pasangan itu layak diperhitungkan karena memiliki penduduk dengan jumlah terbesar di Kaltim. Samarinda sebagai ibukota provinsi memiliki jumlah penduduk terbesar. Basis suara Jaang di Samarinda akan digabungkan dengan Rizal Effendi yang mewakili penduduk Balikpapan.

“Kalau dilihat dari jumlah penduduk, mereka sangat membahayakan. Bagi saya ini termasuk calon kuat,” sebutnya. 

Setelah pasangan Jaang dan Rizal mendeklarasikan diri, selanjutnya giliran penantang lain yang harus mengantisipasi langkah selanjutnya. Kalau tidak ada manuver besar, dia yakin hasil Pilkada nanti akan menguntungkan Jaang dan Rizal. 

“Kalau salah perhitungan, calon lain bisa tergeser. Karena saya lihat pasangan ini kuat. Mereka walikota dua periode dan mewakili masing-masing daerah dengan kepadatan penduduk tinggi,” tuturnya. 

Paranoan melanjutkan, saat ini hanya urusan koalisi partai yang bisa merintangi langkah Jaang dan Rizal. Saat ini, praktis baru Demokrat yang menyatakan dukungan untuk mengusung mereka. Jaang adalah 

ketua DPD Demokrat Kaltim. Rizal sendiri menjadi ketua dewan pembina Partai Nasdem Balikpapan, tetapi partainya itu belum menentukan sikap hingga saat ini. 

“Keduanya harus bekerja keras. Kalau tidak cukup kursi untuk mengusung, repot juga jadinya,” tandasnya. (sab)

Waspada Ancaman Jaang – Rizal

Minggu, 13/08/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.