KPU Balikpapan Verifikasi Faktual Partai Berkarya


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     89 kali

BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melakukan verifikasi faktual keanggotan Partai Berkarya di Seketariat DPD Partai Berkarya Balikpapan, Jl Soekarno Hatta, Balikpapan, Rabu (10/1).

Verifikasi faktual keanggotaan ini dilakukan tiga komisioner KPU Balikpapan, Purwo Atmojo, Sunawiyanto, dan Rudjito serta hadir pula dari Panwaslu Balikpapan, Ahmadi Azis, Ramli dan Jumiko.

Kehadiran tiga komisioner KPU dan Panwaslu ini disambut langsung Ketua DPD Partai Berkarya Kota Balikpapan H Dahri Mamma didampingi Sekjen Jeffri Nainggolan.

Verifikasi faktual dengan melihat struktur pengurus partai dan kelengkapan kehadiran Ketua, sekretaris dan bendahara partai Berkarya. Selain itu KPU melakukan pencocokan keanggotaan Partai Berkarya dengan  KTP dan kartu anggota.

Saat melakukan verifikasi faktual keanggotaan ini, ada 30 nama anggota yang siap untuk diverifikasi. Di mana ada 22 anggota partai yang sudah dinyatakan sesuai dengan data yang sudah masuk di KPU Balikpapan. Serta sisanya ada delapan orang yang menyusul diverifikasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Sunawiyanto mengatakan dari delapan orang yang belum bisa diverifikasi itu dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di luar daerah dan  ada pula yang belum memiliki KTP-e.

“Sebenarnya tidak ada masalah. Kan mereka akan menyanggupi untuk mendatangkan orangnya. Serta yang lainnya seperti KTP Elektronik mereka bersedia untuk membuatnya di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujar Sunawiyanto, Kamis (11/1).

Sunawiyanto juga menambahkan, bahwa batas akhir verifikasi faktual ini akan berakhir pada 12 Januari mendatang. “Iya. Mereka (Partai Berkarya) akan datang langsung ke KPU untuk melengkapi kekurangan hari ini. Paling lambat kan 12  Januari ini,” tandas Sunawiyanto.

Sebelum melakukan verifikasi faktual keanggotan di Seketariat DPD Partai Berkarya ini dilakukan, KPU Balikpapan telah melakukan verifikasi faktual keanggotaan dengan melakukan pertemuan langsung anggotanya secara door to door. Di mana dari 64 nama anggota Partai Berkarya yang menjadi tujuan untuk diverifikasi, 34 anggota berhasil diverifikasi kala itu. Dan sisanya belum bisa tervifikasi dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di luar rumah dikarenakan lagi bekerja dan ada pula yang bekerja di luar daerah. 

Untuk itu KPU Balikpapan sengaja melakukan verifikasi faktual keanggotaan ini dengan meminta Partai Berkarya Kota Balikpapan untuk mengumpulkan anggotanya agar dapat diverifikasi, seperti dilakukan hari ini. 

Dan hasilnya, masih ada delapan anggota yang menyusul untuk diverifikasi hingga batas akhir pada 12 Januari yang akan datang. (din)


baca LAINNYA