Bawaslu akan Bersihkan Baliho Cagub


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 bulan yang lalu     1.175 kali
img Saipul

SAMARINDA – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kaltim akan membersihkan semua baliho bakal calon gubernur (Cagub) dan wakil gubernur (Cawagub) Kaltim yang bertebaran di hampir seluruh wilayah di Kaltim. Namun, penertiban nitu baru akan dilakukan setelah paslon ditetapkan oleh KPU pada Jumat  (12/1) lusa.

“Kalau sudah ditetapkan, kami akan tertibkan baliho-baliho itu,” kata Ketua Bawaslu Kaltim, Saipul, Rabu (10/1) kemarin di KPU Kaltim.

Menurut Saipul, pihaknya sudah mengingatkan kepada bacalon gubernur Kaltim agar menertibkan sendiri atributnya. Sebab, sesuai aturan, alat peraga, kata Saipul, akan disiapkan sendiri oleh KPU Kaltim.  “Alat peraga yang sudah terpasang, nanti akan diganti dengan alat peraga yang dibuat oleh KPU,” terang Saipul.

Sementara, Komisioner KPU Kaltim, Syamsul Hadi mengatakan, KPU Kaltim akan membatasi alat peraga jenis baliho sebanyak lima se-kabupaten/kota untuk tiap pasangan calon atau paslon.

Untuk umbul-umbul, kata dia, akan dibatasi 20 per kecamatan dan spanduk dibatasi masing-masing dua per desa/kelurahan bagi setiap paslon.

Ia menyebutkan, keputusan tentang pembatasan alat peraga jenis baliho, umbul-umbul, dan spanduk masih mungkin bisa berubah. “Beberapa perubahan yang tidak prinsip seperti titik-titik pemasangan alat peraga, masih mungkin dibicarakan kembali,” ujarnya.

Selain alat peraga, pihaknya juga akan menyiapkan bahan kampanye, yakni player, pamplet, foster dan brosur.

Dari bahan kampanye tersebut, kata dia, akan dibagikan seperempat dari jumlah kepala keluarga yang ada.

“Untuk bahan kampanye paslon, jika dianggap masih kurang, kita (KPU, Red) akan memberikan kesempatan bagi paslon untuk mengadakan sendiri alat peraga tersebut,” katanya.

Dia mengangatakan masa kampanye paslon akan dimulai 3 hari sesudah penentapan paslon, yakni tanggal 12 Januari 2018.

Di Pilgub Kaltim, akan empat pasangan calon, yakni pasangan Andi Sofyan Hasdam –Nusyirwan Ismail yang didukung oleh Partai Golkar  dan Partai NasDem. Pasangan Rusmadi - Safaruddin yang diusung PDI Perjuangan dan Hanura.

Selanjutnya, pasangan  Syaharie Jaang-Awang Ferdian Hidayat yang diusung Partai Demokrat, PPP dan PKB. Dan pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi yang diusung Partai Gerindra, PKS dan PAN. (sab)


berita TERKAIT


baca LAINNYA