Debat Pilgub Kaltim Pertama Dihelat di Jakarta


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 minggu yang lalu     336 kali
img Ida Farida

SAMARINDA - Debat publik pertama calon gubernur dan wakil gubernur Kaltim 2018 akan dihelat di Jakarta, pada 25 April mendatang. Debat ini akan berlangsung tiga kali.

“Debat publik pertama kita gelar di Jakarta, yang kedua juga di Jakarta. Sementera debat publik terahir akan digelar di Samarida,” kata Komisioner KPU Kaltim Bidang Anggaran dan Logistik, Ida Farida, Rabu (4/4).

KPU memastikan debat itu akan disiarkan secara live melalui stasiun TV nasional. Hanya belum ditentukan stasiun TV mana yang akan menayangkan acara beber misi dan program empat paslon gubernur dan wakil Kaltim itu. 

“Saat ini masih tahap lelang untuk penentuan siaran TV debat publik paslon Pilgub Kaltim,” ungkap Ida.

Komisioner KPU Kaltim Bidang Tehnis Rudiansyah menambahkan, untuk panelis Pilgub Kaltim ada lima sampai 15 orang yang akan dimasukkan ke lelang, namun berapa jumlah nama yang pasti, akan dilihat lagi sesuai pos anggaran. 

“Selain akademisi dari Kaltim, kita juga akan mengupayakan mengundang panelis dari luar untuk menanyakan isu-isu luar Kaltim. Namun itu tidak wajib, panelis dari luar. Kita hanya ingin melihat pola hubungan pemerintah daerah dan pusat,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris KPU Kaltim Syarifuddin Rusli mengaku menyediakan anggaran Rp 1,4 miliar untuk tiga kali debat publik. Namun anggaran itu masih dirasa minim. Karenanya, KPU berencana mengambil dana dari pos kegiatan lain.  “Kalau memang kurang kita akan merevisi kegiatan yang lain,” sebut Ambi-sapan akrabnya. (sab)


berita TERKAIT


baca LAINNYA