Maju Pilgub Kaltim, Rizal Belum Izin ke Gubernur


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 bulan yang lalu     3.340 kali
img Awang Faroek Ishak

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyebut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi belum menyampaikan izin kepada dirinya untuk maju sebagai calon wakil gubernur Kaltim mendampingi Andi Sofyan Hasdam. Rizal sendiri telah ditetapkan sebagai calon pengganti Nusyirwan Ismail, yang wafat beberapa waktu lalu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim.

“Ya begini, sesuai dengan peraturan perundang-undangan setiap pejabat negara,mau itu gubernur, wali kota, atau  bupati kalau mau ikut pilkada pada saat pendaftaran di KPU, ia harus  menyatakan berhenti.  Dan sampai hari ini, saya belum menerima pernyataan berhenti dari Pak Rizal sebagai Wali Kota Balikpapan,” ujar Awang, kemarin.

Dengan pertimbangan itu, lanjut Awang, dirinya lalu  membuat surat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri)sebagai kepanjangan tangan presiden,  bahwa Walikota Balikpapan akan mengkuti pilkada.  Lalu Mendagri menyetujuinya.  “Dengan dasar itu lah, saya punya dasar untuk meberikan izin cuti, tidak bisa ujug-ujug izin cuti diterbitkan,” paparnya.

Urgensinya, kata Awang memang KPU membolehkan saat mendaftar hanya melampirkan surat keterangan siap mengundurkan diri, tapi  begitu akan ditetapkan harus ada surat keputusan presiden, minimal dari menteri menyatakan menyetujui pengunduran diri pejabat terkait.

“Saya diperintahkan untuk menunjuk Penjabat Wali Kota Balikpapan, jadi tidak benar wakil wali kota langsung naik seperti yang dibahas di media hari ini.  Tidak, itu kewenangan gubernur untuk menujuknya, karena yang mengangkat wali kota dan wakil itu presiden, bukan DPRD atau gubernur, saya mengingatkan jangan sampai kita salah langkah,” jelas Awang.

Awang menegaskan, bahwa sampai dengan ditetapkan menjadi calon wakil gubernur oleh KPU, Rizal sama sekali belum menghubungi dirinya.  “Sama sekali nda ada, nda KPU maupun Rizal. Telepon pun tidak , apalagi surat.  Surat baru saya terima tadi pagi,tapi saya katakan kaji dulu,” tandas Awang. 

Rizal sendiri diketahui sedang melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci Mekkah. (rs)

berita TERKAIT


baca LAINNYA