Unmul Ikuti Debat Bahasa Inggris


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     5 hari yang lalu     60 kali
img PERSIAPAN: Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk mengikuti debat berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Salah satunya dengan menggelar seleksi peserta. (FOTO: Ist)

SAMARINDA-Dalam rangka mempersiapkan tim debat mahasiswa berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia, Universitas Mulawarman (UNMUL) melaksanakan seleksi tingkat Universitas. Terselenggara di Gedung Pascasarjana Fakultas Pertanian UNMUL, acara ini dimulakan sejak 7-13 April 2018.

Kedua seleksi tersebut adalah, National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). Kegiatan tahunan ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dari seleksi tersebut, terpililah para pemenang dimasing-masing bidang lomba. Pada NUDC terpilih sebagai the best speaker dengan urutan satu hingga tiga yaitu, Farezha Achmady Shadin (FKIP), Nanda Akmal Zulfikri (FK) dan A. Susanto (FEB).

Sementara KDMI, pembicara terbaik diperoleh Aji Tridika Wardana (FF), Aji Ahmad Afandi (FH), Fadhilah Ridho (FEB) dan juri binaan terbaik Donny Damara (FMIPA). Nantinya mereka semua akan mewakili UNMUL pada seleksi tingkat wilayah atau Regional Kopertis XI di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNMUL, Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP mengucapkan selamat atas kemenangan yang diraih. “Selamat kepada para pemenang, kita semua adalah pemenang. Kita harus selalu melihat rumput disela-sela bebatuan, artinya selalu melihat adanya harapan,” katanya.

“Jika ada seribu, seratus, atau sepuluh orang yang berpkiran tentang prestasi maka pastikan kita satu diantaranya, bahwa kita akan berprestasi. Dalam kesempatan ini kita akan mengukir prestasi dalam bidang debat mahasiswa Indonesia,” imbuh Dosen Fakultas Pertanian UNMUL ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Encik turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini. 

“Terimakasih kepada seluruh panitia terkhusus bagian kemahasiswaan yang telah mensukseskan kegiatan ini. Para juri, dosen pendamping dan tentunya seluruh peserta yang telah berpartisipasi,” pungkasnya. (uac)

berita TERKAIT


baca LAINNYA