Marquez Tak Ubah Gaya Balap


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     90 kali
img SUKA MENYENGGOL: Sudah terbiasa dengan gaya ugal-ugalan, Marc Marquez (depan) tak akan mengubahkan di setiap balapan MotoGP.

TERMAS DE RIO HONDO - Rider Honda Marc Marquez ramai-ramai dikritik karena sembrono di MotoGP Argentina. Marquez mengaku membuat kesalahan, tapi tak akan mengubah gaya membalapnya. “Aku akan tetap sama,” jawab Marquez dilansirMarca.

 “Aku selalu ingin mendesak tapi situasi di Argentina adalah hasil dari sejumlah situasi. Sayang sekali aku menyenggol Valentino dan kemudian setelah dia melebar ke arah rumput dia jatuh. Aku sadar dengan kesalahannya, itu kesalahanku dan aku dihukum,” paparnya.

Pada balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo Senin (9/4) lalu, Marquez membuat serangkaian aksi kontroversial. Hal itu membuat Marquez dipenalti tiga kali di sepanjang balapan.

Kekacauan dimulai ketika motor Marquez mogok sebelum lampu start dinyalakan. Setelah berhasil menghidupkan mesin motornya, juara dunia enam kali itu bersinggungan dengan dua pebalap lain; Aleix Espargaro dan Valentino Rossi di tengah balapan.

Pebalap yang disebut terakhir jatuh usai disenggol Marquez di putaran-putaran akhir, yang membuahkan penalti 30 detik untuk dia. Namun, tidak sedikit yang menganggap sanksi terhadap pebalap berusia 25 tahun itu terlalu ringan.

Selain dihujani kritik, insiden ini otomatis memperburuk hubungan Marquez dengan Rossi yang sudah tidak harmonis sejak beberapa tahun terakhir. Buntutnya, usaha Marquez meminta maaf langsung dengan mendatangi garasi Rossi ditolak mentah-mentah.  “Ketika aku melepas helmku (usai balapan) hal pertama yang coba kulakukan adalah minta maaf, ini sesuatu yang terjadi kepada semua pebalap. Kami semua habis-habisan tapi aku rileks karena itu adalah sebuah kesalahan dan yang penting adalah belajar dari kesalahan,” paparnya.

Sementara itu, rekan Marquez,  Dani Pedrosa diragukan tampil di MotoGP Austin Minggu (22/4) pekan depan karena membutuhkan waktu sebulan untuk sembuh pasca operasi. 

Juru bicara Repsol Honda mengatakan, Pedrosa menderita fraktur intra-artikular atau bagian pergelangan tangan kanan setelah tampil di Argentina pekan lalu. Cedera tersebut pernah membuat Pedrosa absen panjang pada 2015.  “Jika hasil operasinya bagus, dia akan mulai pemulihan pada hari Sabtu. Konsekuensinya adalah dia kemungkinan absen di GP Austin,” demikian pernyataan resmi tim Honda. (spc)

berita TERKAIT


baca LAINNYA