Semifinal ke-10 The Reds


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     130 kali
img TERSUNGKUR: Gelandang Manchester City Kevin de Bruyne, tak mampu melewat adangan dua pemain Liverpool, Virgil Van Dijk dan Roberto Firmino, pada pertandingan di Etihad Stadium kemarin.

MANCHESTER – Semifinal lagi setelah 10 tahun di Liga Champions akhirnya kembali dipijak Liverpool. Adalah kemenangan tipis 1-2 dari Manchester City di Etihad Stadium pada leg kedua perempatfinal Rabu (11/4) dinihari kemarin yang membuat de javu 2008 tersebut terulang.

Aggregate 1-5 mengiringi kelolosan The Reds yang pada leg pertama menang telak 0-3 dari The Citizens. Liverpool terakhir ke semifinal Liga Champions pada 2008 dan saat itu juga menyingkirkan tim Premier League, Arsenal namun kalah agregate 3-4 dari Chelsea di semifinal.

Liverpool juga sudah mencapai semifinal di Eropa baik Liga Europa atau Liga Champions untuk 10 kalinya. Mereka hanya kalah dari Manchester United yang sudah menorehkan 12 kali ke babak semifinal.

Pada pertandingan kemarin, tim tamu dikejutkan lewat gol Gabriel Jesus menit ke-2 dan City unggul 1-0 hingga turun minum. Liverpool akhirnya berhasil bangkit dan mengunci kemenangan dengan skor 2-1 pada babak kedua lewat gol dari Mohamed Salah menit 56 dan dan Roberto Firmino menit 77.

Gol Salah dan Firmino  membuat keduanya memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Liverpool dalam satu musim Liga Champions. Dilansir Opta, keduanya kini sama-sama tercatat sudah mencetak delapan gol di Liga Champions musim ini. Mereka pun menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool dalam satu musim sepanjang sejarah. Di bawah Salah dan Firmino, ada Mane yang musim ini sudah mencetak tujuh gol, sama dengan prestasi Roger Hunt di musim 1964/65 dan Steven Gerrard di musim 2008/09 silam. 

Bagi Salah, golnya ke gawang Ederson ini membuatnya kini sudah terlibat dalam 50 gol Liverpool musim ini, masing-masing 39 gol dan 11 assist, terbanyak di antara pemain Premier League lainnya.

Sementara itu, dua gol di Etihad Stadium membuat Liverpool kini sudah mencetak total 33 gol di Liga Champions musim ini. Angka ini menjadi yang terbanyak yang pernah diciptakan tim Inggris di pentas Liga Champions. 

Manajer City Josep Guardiola menyatakan, timnya harus pulih secara mental setelah tersingkir dan mengalami kekalahan tiga kali beruntun dalam waktu kurang dari dua pekan. “Selamat kepada Liverpool, harapannya mereka bisa menjadi wakil Inggris yang bagus di semi-final,” ujar Guardiola. 

Sebelum kalah dua kali dari Liverpool, City juga dipermalukan Manchester United akhir pekan kemarin dengan skor 2-3 di kompetisi Liga Inggris. “Kami memiliki sepuluh bulan yang menakjubkan. Kami harus pulih secara mental dalam enam pertan­dingan tersisa. Periode kemenangan dalam sepuluh bulan kami adalah luar biasa. Anda harus menganalisa dari pertandingan ke pertandingan,” paparnya.

Sementara manajer Liverpool Juergen Klopp mengakui skuat arahannya tak sempurna namun yang terpenting baginya adalah hasil akhir lolos ke semifinal Liga Champions. “Ini bukan tentang kesempurnaan tapi soal hasil, karakter, mentalitas, dan perjuangan keras untuk meraih hasil positif. Kami bertahan dengan baik. Ini bukan permainan terbaik kami, tapi kami pantas meraih kemenangan di akhir pertandingan,” tutur Klopp.  (bbc)

berita TERKAIT


baca LAINNYA