LIGA CHAMPIONS : Juventus vs Real Madrid , 4 April 2018


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 minggu yang lalu     207 kali
img MEMORI KELAM: Striker Juventus Gonzalo Higuain (tengah) saat menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions 2017 silam. Tak ingin dipecundangi dua kali dari lawan yang sama. (REUTERS)

TURIN – De javu final Liga Champions tahun lalu tersaji di perempatfinal Liga Champions musim ini. Juventus yang dipecundangi Real Madrid di Cardiff Mei 2017 silam dengan skor telak 1-4 menjamu sang juara bertahan di Allianz Stadium Rabu (4/4) dinihari nanti.

Misi balas dendam alias revans sepertinya sulit diwujudkan oleh tuan rumah pada leg pertama ini mengingat Los Blancos tampil beda di kancah Eropa dibanding dengan kompetisi LaLiga Primera. Di kompetisi domestic, Madrid bercokol di posisi ketiga klasemen karena tampil kurang konsisten, namun mereka tak pernah kalah saat berlaga di Liga Champions musim ini sejak fase grup hingga 8 Besar.

Sejatinya kondisi Bianconeri lebih baik daripada Madrid karena berada di posisi teratas klasemen dan juga tak terkalahkan di kasta tertinggi sepakbola Eropa. Namun melihat hasil setahun silam, wajar kalau tuan rumah diragukan bisa  terwujud.

Kapten Juventus Gianluigi Buffon mengaku kalau timnya underdog dalam pertandingan ini. Buffon berharap Juve mampu tampil lebih baik dari Madrid dalam dua leg tersebut. Sebab, menurutnya sebagus apapun susunan tim tersebut jika gagal meraih kemenangan maka tak akan berarti banyak “Ini adalah pertandingan yang sangat kami perhatikan, tetapi kami tahu ada banyak kesulitan tak terhitung, bahwa kami bermain melawan tim yang jauh lebih kuat dari kami berdasarkan sejarah dan yang memilik pemain-pemain hebat,” jelas Buffon dikutip dari tribalfootball.

Menjadi tuan rumah, Juve mesti meraih modal sebaik-baiknya. Meski kalah 1-4 final musim lalu, Si Nyonya Tua dinaungi statistik bagus dalam duel dua leg. Apalagi tiga hari lalu Juve baru saja menumbangkan AC Milan 3-1 di Turin. “Kemenangan atas AC Milan memberi kami kekuatan untuk menghadapi sebuah Real Madrid yang adalah tim hebat tapi kami siap dan harus memainkan pertandingan seolah-olah ini pertandingan terakhir kami,” ucap winger Juventus Juan Cuadrado di Marca.

Sementara tim tamu percaya diri bisa mengulang hasil bagus musim ini dan mempertahankan trofi juara.  Juru taktik Real Madrid Zinedine Zidane sudah tak sabar menghadapi laga ini. “Ini pertandingan lain, kompetisi lain (Liga Champions). Kami tahu harus pergi ke Juventus dengan ambisi. Kami harus pergi ke sana untuk mencetak gol,” kata Zidane. 

Striker Madrid Lucas Vazquez mengaku laga ini tepat untuk pembuktian Los Blancos. Madrid telah membuktikan kualitasnya selama beberapa bulan terakhir. “Pertandingan ini datang pada saat yang tepat bagi kami. Madrid telah melakukan banyak hal dengan baik selama beberapa bulan terakhir. Bermain lebih baik, lebih banyak gol, ini momen yang bagus dan sekarang kami harus mencoba memanfaatkan momen,” kata Vazquez. (fi)

berita TERKAIT


baca LAINNYA