Saatnya Tepis Krisis


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     282 kali
img JADI ANDALAN: Belum bisa menang, namun Gareth Bale (kiri) dalam performa terbaik saat menghadapi Villarreal di depan pendukung sendiri.

MADRID – Real Madrid belum bisa menang dalam dua laga terakhir di kompetisi LaLiga Primera. Setelah secara telak dikalahkan Barcelona 0-3 sebelum Natal 2017, Los Blancos lantas bermain imbang dengan Celta Vigo 2-2 dan dua pertandingan itu dihelat di Santiago Bernabeu. Hanya dapat satu poin dari dua pertandingan terakhir, Madrid pun semakin jauh dari Barca. Los Blancos yang menempati peringkat empat dengan 32 poin kini tertinggal 16 poin dari Barca.

Hasil itu pula yang membuat banyak pihak mengklaim kalau Madrid tak lagi menakutkan saat bermain di depan pendukung sendiri. Musim ini, Madrid justru sudah tujuh kali gagal menang dalam 15 pertandingan yang dimainkan di kandang sendiri. Pembuktian apakah Santiago Bernabeu tetap angker atau tidak akan terlihat saat menjamu Villarreal Sabtu (13/1) malam nanti. Laga ini ini sekaligus dijadikan kesempatan Madrid untuk menepis krisis yang terjadi di dalam tim.

Alarm tanda bahaya  harus diperhatikan Zinedine Zidane karena hasil minor ini menyangkut nasibnya sebagai pelatih Madrid. Ancaman pemecatan membayangi kiprahnya musim ini kalau tak mampu membangkitkan tim di awal tahun 2018. “Kami harus selalu berkembang karena karena ini musim yang panjang dan setiap tim yang kami lawan menilai itu adalah pertandingan penting mereka pada tahun ini,” kata Zidane. “Villarreal tim yang sangat baik, bertahan dengan terorganisir dan bertahan sebagai sebuah kesatuan,” imbuhnya.

Madrid bisa bermain lebih tenang karena The Yellow Submarine alias Kapal Selam Kuning datang ke Bernabeu dengan kondisi sangat pincang. Ada enam pemain mereka yang cedera, termasuk gelandang Bruno Soriano, Roberto Soriano, Ruben Semedo, dan Ramiro Guerra.

Villarreal juga baru saja terpukul karena tersingkir dari Copa del Rey oleh Leganes. “Kami melihat ada peluang untuk mendapatkan angka dari Bernabeu seperti yang sudah dilakukan tim lain. Posisi kami memungkinkan untuk menapak ke papan atas andai bisa mendapat tambahan poin dari sana,” tegas Javier Calleja, pelatih Villarreal.

Madrid kehilangan Sergio Ramos dan Karim Benzema yang cedera namun tetap ada  Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale  yang jadi andalan ditemani oleh Isco. Mereka akan mengeksploitasi kurang tajamnya Villarreal, yang dalam tiga laga hanya mencetak tiga gol. Kehilangan Cedric Bakambu  berpengaruh pada tim tamu yang kini hanya punya Enes Unal dan Carlos Bacca di lini serang.

Dalam lima pertemuan terakhir kontra Villarreal, Madrid terbukti kerepotan dengan dua menang, dua seri, dan satu kalah. Selain itu dalam tiga laga pamungkas di Bernabeu, Villarreal bisa mencuri dua seri. Namun dalam kondisi sama-sama terluka, toh Villarreal yang lebih parah.


baca LAINNYA