Minta Maaf soal Puisi, Sukmawati Cium Tangan Ma’ruf Amin


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 minggu yang lalu     163 kali
img Sukmawati Soekarnoputri berulang kali mencium tangan Ketua MUI Ma’ruf Amin sebagai bentuk permintaan maaf atas puisi kontroversial yang memicu polemik publik. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

JAKARTA - Sukmawati Soekarnoputri menyambangi gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta, Kamis (5/4) siang ini. Ia menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam melalui Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin terkait puisinya tentang azan dan cadar. 

Saat jumpa media, Sukmawati berulang kali mencium tangan kanan Ma’ruf sebagai bentuk permohonan maaf. Sukmawati juga sempat mencium tangan Ma’ruf sambil berdiri sebelum acara dimulai. Hal itu dilakukan kembali ketika jumpa media berakhir. Namun ia tak berkomentar sedikit pun terkait peristiwa yang menimpanya itu. 

Ma’ruf meminta agar umat Islam memaafkan perbuatan Sukmawati. Menurutnya, puisi yang dibacakan Sukmawati adalah bentuk ekspresi dari seorang seniman atau budayawan. 

“Beliau sesungguhnya tidak ada niatan menghina Islam. Oleh karena itu beliau minta maaf dan hari ini menemui kami menyampaikan maafnya untuk disampaikan ke khalayak, khususnya umat Islam,” ujar Ma’ruf. 

Mengenakan kerudung warna-warni, Sukmawati berulang kali hanya melempar senyum. Putri Presiden RI pertama Sukarno ini juga langsung melenggang pergi meninggalkan ruangan usai jumpa media. 

Sukmawati sebelumnya telah menyampaikan permohonan maaf melalui media massa. Ia menyatakan puisi itu sebenarnya sudah diterbitkan sejak 12 tahun lalu bersama sejumlah karya lainnya. Ia bahkan sempat terisak dan mengaku tak berniat sama sekali untuk menghina Islam. (cni)

berita TERKAIT


baca LAINNYA