Pekan Depan Rastra Segera Dibagikan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     7 bulan yang lalu     2.226 kali
img ILUSTRASI

TENGGARONG- Raskin atau Beras Sejahtera(Rastra) sampai saat ini belum didistribusikan ke seluruh kecamatan di Kukar. Rastra tersebut masih dalam proses pemeliharaan atau jaga kualitas mutu oleh Bulog Samarinda. Jika tidak ada halangan, pekan depan rastra sudah bisa terdistribusi.

“Belum terdistribusi Rastra Kukar, karena masih tahap pemeliharaan atau jaga kualitas mutu beras,” kata Kadinsos Kukar, Didi Ramyadi, melalui PPTK Distribusi Rastra, Muhlis kepada Koran Kaltim di ruang kerjanya, kemarin. 

Dia menambahkan, ada lima kecamatan sudah mengajukan usulan pendistribusian rastra, seperti Samboja, Muara jawa, Sangasanga dan Marangkayu yang meminta jatah untuk semester pertama atau enam bulan, sedangkan Loa Janan baru meminta jatah rastra untuk tri wulan pertama. “Kecamatan lainnya masih proses pengusulan pendistribusian, karena harus melengkapi SK Tim Raskin kecamatan dan proses administrasi lainnya, karena surat edaran pendistribusian Rastra dari Bupati sudah terbit. Ditargetkan setelah Idul Fitri 1438 H, seluruh kecamatan sudah terdistribusi Rastra-nya,”ujarnya.

Dia menambahkan, penerima rastra di Kukar sebanyak 23.443 Keluarga Penerima Manfaat(KPM)/KK, dan tiap KPM menerima 15 Kg per bulannya, total kebutuhan Rastra yang diperuntukan masyarakat miskin Kukar sebanyak 4.219.740 Kg per tahunnya. Tahun depan Kemensos akan mengalihkan bantuan rastra menjadi Bantuan Non Tunai (BNT), akan tetapi baru diberlakukan untuk tiga kota saja di kaltim, Samarinda, Balikpapan dan Bontang. “BNT berupa Sembako seperti beras dan gula, serta barang lainnya. Kukar akan mengusulkan  agar dimasukan sebagai wilayah yang menerima BNT, jika tidak dikabulkan maka Kukar masih tetap memberikan Rastra ke masyarakat miskin,”pungkasnya.(ran) 



baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
15 menit yang lalu | dibaca 75 kali
img