Senin, 17/07/2017

Loa Ipuh Darat akan Bentuk Forum DAS

Senin, 17/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Loa Ipuh Darat akan Bentuk Forum DAS

Senin, 17/07/2017

TENGGARONG – Sebagai upaya mencegah semakin tercemarnya aliran sungai Tenggarong dari  limbah rumah tangga, Kelurahan Loa Ipuh Darat akan membentuk Forum Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FPDAS) Tenggarong.

“Ini akan kita gagas agar forum ini bisa terbentuk,” kata Lurah Loa Ipuh Darat, Ambo Dalle kepada Koran Kaltim, belum lama ini.

Ambo Dalle menambahkan, sebagai langkah awal, fokus kerja FPDAS akan difokuskan di wilayah Dusun Bensamar. Masyarakat di wilayah itu diingatkan agar tidak membuang sampah di sungai Tenggarong dan diharap rutin membersihkan aliran sungai. 

Sebelum membentuk Forum DAS, Kelurahan Loa Ipuh Darat terlebih dahulu membentuk Bank Sampah Berkah. 

Menurut Ambo, mengurus bank sampah tidak mudah. Dibutuhkan perjuangan  semua elemen agar peduli akan lingkungan. 

“Kelurahan Loa Ipuh Darat terdiri dari 11 RT dan jaraknya saling berjauhan. Ini akan menjadi  kendala saat pengumpulan sampah,” ujarnya.

Saat ini, bank sampah belum memiliki armada pengangkut sampah yang menjemput sampah dari rumah-rumah masyarakat. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat mengantar sendiri sampahnya ke bank sampah yang terletak di RT 3. 

Ambo berharap bank sampah itu berjalan sukses. Sebab, selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih, program  ini memiliki andil besar dalam perolehan Piala Adipura. Apalagi Kelurahan Loa Ipuh darat terletak di jalur penghubung Tenggarong dengan kecamatan di pedalam serta lintasan utama jika hendak menuju Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu. (ran)



Loa Ipuh Darat akan Bentuk Forum DAS

Senin, 17/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.