Kukar Kekurangan Arsiparis


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     557 kali
img Aji Hasanuddin

KORANKALTIM.COM, TENGGARONG -  Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, Aji Hasanuddin mengakui masih kekurangan arsiparis untuk ditempatkan di OPD-OPD.

Tenaga arsip atau arsiparis di OPD bertugas menata sistem kearsipan yang baik dan teliti. “Kita butuh tambahan arsiparis," kata Aji.

Menurutnya, bila Kukar memiliki sistem pengarsipan yang baik, maka dokumen daerah akan  lebih aman, tidak berpindah tangan ke pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa merugikan Pemkab Kukar.

“Kalau arsip daerah tercecer sembarangan, ini bisa kacau dan dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” katanya   kepada korankaltim.com.

Arsip daerah yang teliti juga memiliki keunggulan dalam pencarian arsip. Pihaknya kini menggagas program pencarian arsip dalam tiga menit.

“Alurnya pemohon dokumen arsip masuk ke bagian pront office, untuk dilakukan pencatatan terkait dokumen arsip yang dibutuhkan dan dilakukan pengarahan pengelola surat, masuk pengolah surat dan penataan arsip, dalam waktu tiga menit dokumen yang dicari sudah ketemu,” paparnya.

Sekda Kukar Marli mengatakan penataan arsip daerah yang tertata dengan baik  menjadi perhatian Pemkab Kukar.

“Kita juga sudah dapat masukan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar Pemkab Kukar memperhatikan tata kelola kearsipannya,” ucapnya.(*)


Penulis : Andriansjah

Editor    : Supiansyah


baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
10 jam yang lalu | dibaca 2.851 kali
img