Kamis, 04/01/2018

Wilayah Luas, Karhutla Susah Terdeteksi

Kamis, 04/01/2018

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Wilayah Luas, Karhutla Susah Terdeteksi

Kamis, 04/01/2018

logo

ILUSTRASI

TENGGARONG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kutai Kartanegara terus berusaha menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Diakui, Karhutla masih sulit untuk ditangani. Selain karena faktor luasnya wilayah kabupaten ini, penyebab kebakaran hutan itu juga dipicu human error, unsur kesengajaan, dan cuaca.

Berkaca dari kasus kebakaran hutan yang terjadi dua kali pada tahun 2016 di Muara Kaman dan di daerah Muara Jawa, Dinas Damkar PB terus mewaspadai agar hal ini tak terulang.

Kepala Dinas Damkar PB Kukar Marsidik mengatakan, penyebab dari kebakaran hutan di Kukar susah dideteksi karena wilayah Kukar sangat luas. Hal ini menyebabkan sebagian wilayah tidak terpantau secara maksimal. “Utamanya wilayah yang jauh dari Kota Tenggarong,” kata Marsidiq kepada Koran Kaltim, Rabu (3/1).

Namun, langkah antisipasi dan persiapan tetap dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kasus kebakaran hutan dan lahan. Pihaknya, lanjut Marsidik, juga kerap menggelar sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk pencegahan dan mitigasi bencana.

“Masyarakat juga di harapkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar karena biasanya membuang hal sembarangan seperti puntung rokok di sembarang tempat dapat menyebabkan hal yang serius seperti kebakaran hutan,” pungkasnya.(hn)


Wilayah Luas, Karhutla Susah Terdeteksi

Kamis, 04/01/2018

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.