Sabtu, 08/07/2017

3.800 Blanko E-KTP Tercetak, Disdukcapil Layani 300 Orang per Hari

Sabtu, 08/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

3.800 Blanko E-KTP Tercetak, Disdukcapil Layani 300 Orang per Hari

Sabtu, 08/07/2017

TANJUNG SELOR – hingga April 2017 lalu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Bulungan mendapat jatah blanko E-KTP (kartu tanda penduduk elektronik) sebanyak 4000 keping dari dua outer yang dikirim oleh kementerian terkait untuk daerah. Hingga saat ini dikatakan Kepala Disdukcapil Bulungan Abdul Wahid, diperkirakan sudah sekitar 3800 an blanko E-KTP itu tercetak. Sehingga masih tersisa 200 keping yang diyakini masih jauh dari cukup untuk menutupi kebutuhan blanko E-KTP untuk masyarakat Bulungan. 

“Kita hanya dapat bagian 4000 sejauh ini sudah tercetak sekitar 3800, sisa sedikit. Kita masih butuh ribuan keping lagi. Pengajuan pembuatan dan pertumbuhan penduduk pasti kebutuhan juga bertambah. Kita perkirakan masih perlu lima ribu lebih blanko,” ujarnya saat ditemui, Jum’at (7/7). 

Berbeda dengan sebelumnya, kebutuhan blanko langsung ke kemenetrian yang dibagi langsung kedaerah. Sementara selanjutnya untuk memenuhi kekurangan pihaknya kembali mengusulkan blanko E-KTP tersebut ke kementrian terkait melalui provinsi. Sebelumnya pihaknya mengsusulakan sekitar 18 ribu blanko namun yang dipenuhi hanya sekitar 4000 blanko.

“Blanko yang ada itu diprioritaskan khsusu untuk PRR (Print Ready Record) atau masyarakat yang sudah melakukan perekaman namum belum dilakukan pencetakan fisik KTPnya. Dan yang belum sama sekali memiliki KTP. Sementara yang lainnya kita juga masih melayani untuk pembuatan Urat Keterangan (Suket),” jelas Abdul Wahid. 

Selain itu, lanjutnya, untuk proses perekaman tetap lakukan oleh Disdukcapil. Sebab prosesnya juga cukup panjang sebelum dicetak. Apalagi blanko masih terbatas. Data warga harus dikirim dulu ke kementrian sebelum diproses fisik KTP nya. Diakuinya dalam sehari diperkirakan pelayanan kependudukan mencapai 300 orang. Hal ini dimaksimalkan meskipun dari segi tanaga kerja masih kurang hanya sekitar 15 orang yang khusus melakukan pelayanan. “Kita berharap blanko bisa tepenuhi segera,” sebutnya. 

Ditambahkan Wahid, dalam melakukan pelayanan kendala utama adalah pada jaringan internet, termasuk listrik. Sebab jika hal itu terputus otomati pelayanan kependudukan juga tidak bisa dilakukan.  Sementra saat ini pihaknya belum memiliki ginset untuk antisipasi padamnya listrik. 

“Insyallah tahun depan sudah ada sehingga dalam pelyanan kita bisa maksimalkan,” tandanya. (an)


3.800 Blanko E-KTP Tercetak, Disdukcapil Layani 300 Orang per Hari

Sabtu, 08/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.