Brakk, Fender Jembatan Mahakam Kembali Dihantam Ponton


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     6.534 kali
img Ponton dan tugboat yang menabrak fender jembatan mahakam dikawal petugas. (Foto. Dor/korankaltim.com)

KORANKALTIM.COM, SAMARINDA – Fender pengaman tiang Jembatan Mahakam Samarinda kembali ditabrak ponton. Kali ini, pengaman tiang jembatan tersebut dihantam oleh ponton CAPRICORN 117 yang bermuatan kayu akasia pada Rabu (14/2).

Kejadian tersebut dibenarkan Kanit Reskrim Polsekta Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda Iptu Purwo Asmadi. “Ya, memang terjadi benturan antara dinding ponton sebelah kiri dengan fender jembatan. Jadi bukan tiang jembatan yang kena, melainkan fender pengaman itu,” kata Purwo kepada Koran kaltim.

Informasi yang dihimpun media ini, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 11.30 WITA. Saat itu, Ponton CAPRICORN 117 ditarik oleh Kapal Tugboat CAPRICORN 116 melintas dibawah Jembatan Mahakam.

“Jadi saat melintasi jembatan itu, informaisnya bukan kapten kapal (CAPRICORN 116) yang memegang kemudi, tapi pandu dari Pelindo,” lanjutnya. 

Ia menuturkan, belum diketahui apa yang menyebabkan kapal tersebut menghantam fender. 

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan pihak KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Samarinda, mereka sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi,” demikian Purwo.

Pantauan media ini, akibat kejadian itu, ponton CAPRICORN 117 mengalami ringsek di sisi kiri, bahkan terdapat pecahan beton fender yang terbawa di atas ponton. 

Sementar itu, Kasi Status Hukum dan Sertifikasi Kapal, KSOP Samarinda, M Ridha R menuturkan, pihaknya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian dalam kejadian itu.


Penulis: Sardiman

Editor: Firman Hidayat


baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
10 jam yang lalu | dibaca 2.851 kali
img