Sabtu, 03/02/2018

Ini Nih Maskapai Penerbangan Pengganti Kalstar di Berau dan Kubar

Sabtu, 03/02/2018

Pesawat milik Xpres Air saat mendarat di Bandara Kalimarau, kemarin.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ini Nih Maskapai Penerbangan Pengganti Kalstar di Berau dan Kubar

Sabtu, 03/02/2018

logo

Pesawat milik Xpres Air saat mendarat di Bandara Kalimarau, kemarin.

KORANKALTIM.COM - Warga Kabupaten Berau tak lagi kesulitan menuju Samarinda melalui jalur udara. Kekosongan penerbangan sejak ditinggalkan Kalstar, rute Berau-Samarinda-Tarakan dan sekitarnya, sejak Jumat (2/2) sudah terlayani. Adalah pesawat Xpres Air tipe ATR 42-300 kapasitas 48 orang yang berangkat dari bandara Udara Internasional Soekarn-Hatta telah melakukan pendaratan perdana di Bandar Udara Kalimarau pukul 09.40 Wita. 

Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Bandara Kalimarau, Bambang Hartanto menjelaskan, Xpres Air ini masuk ke Berau bertujuan untuk menggantikan rute  penerbangan Kalstar. Terkait jadwal proving flight, menurutnya setelah pesawat mendarat di Bandara Kalimarau, pihaknya langsung parkir pesawat di apron. Selanjutnya proving flight akan dilanjutkan hari ini.

“Pagi ini mulai pukul 08.00 WITA, Pesawat Expres Air akan melanjutkan proving flight rute Berau-Tarakan-Melak-Balikpapan-Berau dan Berau-Samarinda-Tarakan-Nunukan-Berau. Untuk diketahui, Xpress Air memang direncanakan akan menerbangi sebagai besar rute yang pernah maskapai Kalstar Aviation terbangi,” kata dia.

Seperti diketahui setelah pemerintah melalui Kemenhub menghentikan sementara operasional penerbangan Kalstar Aviation di seluruh bandara di Indonesia, sejak 30 September 2017, penebangan ke wilayah ini kosong.

Untuk tarif penerbangan, pihak UPBU Kalimarau masih menunggu kepastian dari pihak komersil Kantor Pusat Xpress Air di Jakarta.  “Yang jelas untuk pemesanan tiket dapat dilakukan melalui Traveloka, dan saat ini juga sudah ada 3 travel di Berau yang telah bekerja sama dengan kami untuk pelayanan tiket,” terangnya.

Disisi lain, penjelasan dari pihak maskapai, Capt Bayu Teguh mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Berau kali ini, bermaksud untuk melakukan proving flight, sebagai salah satu syarat keluarnya izin rute penerbangan untuk melayani penerbangan Berau-Tarakan, Berau-Samarinda, Melak-Balikpapan, Melak-Samarinda, Tarakan-Nunukan, Tarakan-Melak dan sebaliknya.

"Semoga proving flight hari ini berjalan baik dan sesuai harapan Xpress Air. Kami menyadari, masyarakat Berau umumnya sudah menanti hari ini, kami berharap Xpress Air bisa segera melayani penerbangan di Bandara Kalimarau," ujarnya. 

Ia menambahkan, jika nantinya izin rute penerbangan sudah didapatkan pihaknya dari Direktorat Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, maka khusus pelayanan penerbangan untuk Berau-Tarakan dan Berau-Samarinda dan sebaliknya, direncanakan dilakukan begantian  Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.


Penulis: Indra

Editor: Firman Hidayat

Ini Nih Maskapai Penerbangan Pengganti Kalstar di Berau dan Kubar

Sabtu, 03/02/2018

Pesawat milik Xpres Air saat mendarat di Bandara Kalimarau, kemarin.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.