Senin, 22/01/2018

Sterilisasi Jaringan ke Tanah Kuning

Senin, 22/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sterilisasi Jaringan ke Tanah Kuning

Senin, 22/01/2018

TANJUNG SELOR – Harapan masyarakat di wilayah Tanjung Palas Timur. Utamanya di Tanah Kuning, Mangkupadi dan sekitarnya untuk mendapatkan listrik, sepertinya masih jauh. Persoalan yang menghambat masih berkutik pada masalah jaringan yang tak kunjung tuntas.

Bertahun-tahun sejak dibangun, ratusan tiang jaringan listrik menuju Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi Kecamatan Tanjung Palas Timur, sebagiannya mengalami kerusakan. Bahkan sejumlah tiang ambruk. 

Alasan baru lagi muncul. Ambruknya jaringan dikarenakan kontur tanah yang tak memadahi. Sehingga posisinya harus dipindah beberapa meter dari tempat semula. 

Bupati Bulungan H Sudjati mengatakan, sejumlah jaringan yang rusak telah diperbaiki. Bahkan sekarang Pemkab Bulunhan sudah melakukan sterilisasi jaringan sebelum benar-benar dialiri daya listrik oleh PLN. 

PLN sendiri baru bisa mengaliri listrik, setelah dilakukan penyerahaan aset nantinya atau Serah Terima Operasional (STO). Perbaikan atau sterilisasi jaringan, kata bupati, sudah mulai dilakukan sekitar pekan lalu. 

“Jadi ada sterilisasi jaringan, yang ambruk beberea di desa diperbaiki langsung oleh pihak kontraktor yang sebelumnya membangun jaringan itu. Sementara yang bersinggungan dengan lahan perusahan sawit (PT BCAP), pemindahaan dan perbaikannya juga dibantu oleh perusahaan. Perbaikan masih berproses,” ujarnya. 

Sementara itu, informasi lain menyebutkan diperkirakan tambahan mesin baru oleh PLN sebesar 8 Megawatt (MW), selesai dirakit akhir Januari 2018 mendatang. Setelah tuntas, maka daya sisap dialiri, tentunya dilakukan dulu serah terima aset dari Pemkab Bulungan ke PLN. 

“Ya, mungkin akhir Januari tuntas yang 8 MW itu, jadi jaringan kita steriliasasi, Februari serah terima aset dan mudah-mudahan di Meret 2018 daya sudah bisa teraliri, masyarakat bisa merasakan,” katanya. 

Dijelaskan, daya listrik tambahan tersebut rencananya  tidak hanya mengaliri Desa Tanah Kuning dan Desa Mangkupadi. Tetapi daya tersebut juga diyakini mampu untuk mengaliri jaringan listrik di Sekatak Bengara Kecamatan Sekatak, dan juga Kecamatan Peso Hilir. 

“Jika jaringan sudah siap ya bisa cepat juga proses agar listrik menyala. Tapi memang cuaca juga mempengaruhi kerja di lapangan. Apalagi untuk perbaikan jaringan, kalau hujan pasti belum bisa dilanjutkan pekerjaannya,” sebut bupati. 

Seluruh perbaikan Pemkab Bulungan terbantu oleh perusahan dan juga kontraktor yang sebelumnya mebangun jaringan tersebut melalui proyek pembangunan tahun jamak (Multiyears). (an)


Sterilisasi Jaringan ke Tanah Kuning

Senin, 22/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.