Sungai di Desa Sambungan Selatan Dikeruk


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     87 kali
img ILUSTRASI

TANA TIDUNG- Kawasan Desa Sambungan Selatan Kecamatan Tana Lia menjadi daerah yang kerap menjadi langganan banjir. Untuk mengatasinya, Senin (9/4) lalu dilakukan normalisasi sungai dengan melakukan pengerukan dasar sungai menggunakan Dana Desa (DD) dari Pemerintahan Desa Sambungan Selatan tahun 2018. 

Muluk Sulaiman, penanggungjawab kegiatan normalisasi sungai di Desa Sambungan Selatan, Kecamatan Tana Lia pada Selasa (10/4) kemarin mengatakan bahwa persoalan banjir yang menimpa Desa Sambungan Selatan menjadi rutin dan langganan setiap musim penghujan yang disertai luapan air sungai bahkan baru-baru ini warga harus merasakan banjir selama beberapa hari.

“Ada yang sampai tidak bersekolah, ada yang menunda melakukan pekerjaan setiap harinya dan berbagai aktivitas masyarakat benar-benar tidak dapat dilakukan lagi saat banjir makanya normalisasi sungai perlu dilakukan supaya masyarakat dapat kembali beraktivitas dan tidak perlu khawatir lagi kalau sudah memasuki musim hujan,” ujarnya.

Lanjut, normalisasi sendiri dilakukan sepanjang sungai yang ada di Sambungan Selatan karena banyaknya sampah, kotoran yang menyumbat sungai sehingga alirannya tidak lancar maka tak heran ketika musim penghujan datang dipastikan air sungai akan meluap akibatnya banjir kembali menimpa kawasan pemukiman bantaran sungai, warga beberapa kali mengadukan hal ini kepada pemerintah melalui instansi terkait agar mendapatkan penanganan segera.

“Warga Sambungan Selatan khususnya di bantaran sungai tentu saja menanggapi positif normalisasi sungai karena mereka sendiri merasa resah dengan bencana banjir yang membuat mereka khawatir setiap saat terutama saat musim hujan tiba, kita berharap normalisasi ini memang benar-benar menjadi solusi terbaik bagi masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya banjir kembali,” harapnya. (ifa)


berita TERKAIT


baca LAINNYA