Protes Soal Ujian, 1.200 Mahasiswa Diganjar Nilai Nol


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 bulan yang lalu     364 kali
img Ilustrasi

KORANKALTIM.COM - Pertentangan antara mahasiswa kedokteran dengan pihak kampus berbuntut apes buat mahasiswa. Sekitar 1.200 siswa dari jurusan kedokteran Mesir mendapat nilai nol untuk ujian mata kuliah 'operasi.'

Ribuan mahasiswa dari Universitas Mansoura itu mengikuti ujian untuk mata kuliah 'operasi' di tahun keenam perkuliahan. Tapi saat menempuh ujian para mahasiswa ini menolak menjawab soal. Mereka beralasan, soal yang diujikan terlalu sulit sehingga mereka kesulitan menjawab.

Para siswa secara kolektif meninggalkan ruang ujian. Mereka keluar sekitar 35 menit setelah ujian berjalan. Mereka berkumpul di kampus dan berdemonstrasi. Mahasiswa mengatakan soal ujian terlalu sulit dan menolak menuliskan jawaban, mereka juga menuntut penulisan ulang soal ujian.

Diberitakan oleh Al Arabiya, 15 Januari 2018, karena tak menemui jalan tengah, pihak kampus dan Kementerian Pendidikan Tinggi akhirnya membentuk komite untuk menyelidiki keluhan mahasiswa tentang soal ujian yang dianggap sulit tersebut.

Laporan komite mengatakan, soal ujian telah dikirim ke tiga universitas lain dan diberikan pada para ahli dari universitas untuk menjelaskan, apakah memang pertanyaannya sangat sulit. Para ahli mengatakan, konten dan kualitas soal sudah sesuai standar dan tidak sesulit yang diklaim para mahasiswa.

Pihak komite juga mengatakan, alasan soal ujian yang sulit yang menjadi dasar keputusan mahasiswa untuk meninggalkan ruang ujian tidak bisa diterima. Atas dasar itulah komite menyarankan pihak kampus untuk memberi nilai nol pada semua mahasiswa yang meninggalkan ruang ujian. Rekomendasi itu disetujui oleh pihak kampus. Keputusan sudah diambil dan para mahasiswa sudah beri pengumuman. (vn)


baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
10 jam yang lalu | dibaca 2.851 kali
img