Sabtu, 02/12/2017

Kemenkominfo tak Ada Rencana Memblokir Airbnb

Sabtu, 02/12/2017

Rudiantara

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kemenkominfo tak Ada Rencana Memblokir Airbnb

Sabtu, 02/12/2017

logo

Rudiantara

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan pihaknya tidak berencana memblokir aplikasi penyedia jasa akomodasi seperti Airbnb. Meskipun, keberadaan aplikasi tersebut saat ini tengah dipersoalkan oleh para pengusaha hotel yang merasa dirugikan sejak masuknya Airbnb ke Indonesia.

“Dari Kominfo tidak ada rencana pemblokiran,” kata Rudiantara, lewat pesan singkat, Jumat (1/12).

Namun begitu, ia mengatakan, Kominfo tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menyusun regulasi bagi apkikasi sejenis Airbnb. Ini dilakukan untuk menghindari persaingan usaha yang tidak sehat di industri perhotelan Tanah Air.

Rudiantara sendiri menganggap bahwa disrupsi dalam bisnis penginapan wajar terjadi, mengingat Indonesia memiliki pasar yang besar. Hal itu juga yang telah terjadi dalam bisnis transportasi. Namun begitu, ia sepakat perlu ada regulasi khusus yang mengatur perusahaan berbasis teknologi, baik di industri transportasi maupun perhotelan.

Wakil Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Rainier Daulay menyebut kehadiran aplikasi penyedia jasa akomodasi tak dapat dipungkiri telah membuat persaingan yang tidak sehat di industri perhotelan. Meski tak menyebut data penurunan okupansi, Rainier mengatakan, aplikasi seperti Airbnb paling memukul hotel kategori bintang tiga ke bawah. (rol)

Kemenkominfo tak Ada Rencana Memblokir Airbnb

Sabtu, 02/12/2017

Rudiantara

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.