Selasa, 10/10/2017

Oktober, Pencari Kerja PPU Capai 710 Orang

Selasa, 10/10/2017

Agus Dahlan

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Oktober, Pencari Kerja PPU Capai 710 Orang

Selasa, 10/10/2017

logo

Agus Dahlan

PENAJAM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, sejak Januari hingga Oktober 2017 jumlah pencari kerja (Pencaker) di wilayah itu mencapai angka 710 orang. Dari jumlah itu, dominan oleh tenaga tanpa ketrampilan.

Kepala Sub Bidang Penempatan Pelatihan dan Transmigrasi, Agus Dahlan mengatakan jumlah tersebut ada pencari kerja tanpa ijazah alias tidak lulus SD. Ada juga lulusan sarjana, secara keseluruhan didominasi oleh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Mayoritas pencaker kami didominasi usia kerja yang baru tamat SMA dan lulusan perguruan tinggi,” ungkap Agus Dahlan kepada Koran Kaltim, Senin (9/10) kemarin.

Menurut dia perusahaan di PPU mencari pekerja yang memiliki keahlian serta pengaman minimal dua tahun. Mau tak mau, perusahaan banyak yang menolak karena pencaker umumnya baru lulus sekolah, sehingga belum memiliki skill atau ketrampilan kerja.

“Kendala kami itu terkait minimnya pengalaman, sehingga kami meminta solusi, untuk dibantu, agar pencaker yang tidak memiliki pengalaman diberi kesempatan dari pihak perusahaan,” ujar Agus.

Beberapa perusahaan tegas menyatakan tidak menginginkan tenaga kerja non pengalaman. Mereka kata dia mencari pekerja yang siap bekerja dengan keahlian yang dibutuhkan, sehingga pencari kerja tanpa ketrampilan kesulitan diterima.

Lanjut Agus, selain berharap perusahaan, Disnakertrans telah berupaya untuk memberikan pelatihan kepada sejumlah pencari kerja. Namun, terkendala dengan jumlah anggaran yang dimiliki sehingga dalam setahun, upaya itu tidak berjalan maksimal.

“Kami terus mencari inovasi, bagaimana agar tetap ada pelatihan, sehingga kami bekerja sama dengan Balai Lingkungan Kerja (BLK), agar Pencaker di PPU, memiliki bekal dan keahlian melalui pelatihan tersebut,” tuturnya.

Jumlah pencari kerja di PPU mencapai 1.000 orang setiap tahun, sementara lowongan pekerjaan bagi masyarakat sangatlah minim. (wn1017)

Oktober, Pencari Kerja PPU Capai 710 Orang

Selasa, 10/10/2017

Agus Dahlan

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.