Pengamat Sebut Rita Sulit Ditandingi di Pilgub Kaltim


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 months ago     13.187 kali
img Rita Widyasari

SAMARINDA – Pengamat Politik Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda DB Paranoan menilai, Calon Gubernur (Cagub) Kaltim, Rita Widyasari akan sulit ditandingi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang. Pasalnya, nama Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) tersebut sudah banyak dikenal di masyarakat. 

Tidak hanya itu, kata dia nama almarhum Syaukani (ayah Rita) masih melekat di publik Kaltim

“Tantangan yang namanya baru muncul untuk maju di Pilgub, tentu harus bekerja keras untuk bersaing dengan Rita, dengan melakukan terobosan yang luar biasa di masyarakat, sebab kalau tidak, agak sulit untuk menandinginya (Rita),” kata DB Paranoan, Senin (4/9) kemarin.

Sementara, disinggung Rita Widyasari yang menduduki posisi puncak pada survei dilakukan PDI Perjuangan dibanding kandidat lain, baginya bukanlah hal yang mengejutkan. Meskipun banyak kalangan yang tentu masih melihat dari lembaga survei yang melaksanakannya tersebut. 

“Survei itu bisa juga dipercaya, kalau nama Rita menduduki posisi puncak, sebab kita lihat, nama Rita selama ini memang cukup dikenal dimasyarakat,” sebut Paranoan.

 Dan Rita pun juga satu-satunya Cagub perempuan yang maju di pilgub Kaltim. 

“Mungkin itu juga salah satu faktor yang menentukan, karena Rita satu satunya-nya perempuan yang maju sebagai Cagub,” ujarnya.

Kendati demikian, kata Paranoan, para calon yang ada jangan lantas melihat sepenuhnya dari hasil survei untuk dijadikan acuan. Sebab agenda Pilkada masih terbilang panjang. 

Seperti diberitakan sebelumnya nama Bupati Kukar Rita Widyasari berada diposisi puncak survei dari PDI Perjuangan. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut memakai survei Indopoling Network, ini dilakukan terhadap beberapa tokoh yang berpeluang menjadi cagub Kaltim pada Pilgub 2018 mendatang. 

Selain Rita, figur yang masuk survei adalah Walikota Balikpaan Rizal Effendi, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Makmur HAPK, Bupati PPU Yusran Aspar, Isran Noor, Andi Sopyan Hasdam, Hadi Mulyadi, Rahmad Masud, Nusyirwan Ismail, Yuhdi Yahya, Siswadi, Muhammad Samsun, Hermanto Kewot, mantan Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy dan Agus Salim. 

Bendahara DPD PDIP Kaltim, Muhammad Samsun mengatakan, survei cagub itu, dilakukan selama dua minggu pada bulan September 2017 dan survei itu keluar pada awal Agustus 2017. Samsun membeberkan jumlah sampel survei sebanyak 600 responden. Mereka tersebar di tujuh kabupaten dan tiga kota di Kaltim. 

“Dari hasil survei cagub, Rita menduduki posisi puncak,” kata Samsun. (sab)



loading...

baca LAINNYA