Kamis, 10/08/2017

Dimeriahkan Seniman Mancanegara

Kamis, 10/08/2017

FOTO: DOK/LANJONG

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Dimeriahkan Seniman Mancanegara

Kamis, 10/08/2017

logo

FOTO: DOK/LANJONG

TENGGARONG – Lanjong Art Festival (LAF) V tahun 2017 akan dibuka Sabtu (12/8) besok di ladang budaya (Ladaya), Tenggarong Kutai Kartanegara. Sejumlah seniman dari sembilan negara dan 275 peserta akan memeriahkan festival dwi tahunan itu.

Pembukaan LAF 2017 rencananya akan dilakukan oleh Bupati Rita Widyasari pada Sabtu malam. Sebelum acara ini dibuka atau pagi harinya, para pecinta seni tersebut akan berziarah ke makam para raja di kompleks Museum Mulawarman dan meminta restu kepada Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehoeddin II.

Seperti gelaran sebelumnya, panitia juga akan menghadirkan seniman papan atas. Dari sekian banyak yang hadir, ada nama seniman muda, Uyau Moris. Pemain sape ini akan unjuk kebolehan saat malam pembukaan.

Pengurus Yayasan Lanjong, Ab Asmarandana mengatakan LAF V kali ini mengangkat tema “Sana Sini Seni”.  

Konsep penyelenggaraan eksibisi dan kompetisi seninya akan tetap diadakan, sama halnya seperti pada LAF IV pada 2015 lalu, tapi dipermak dengan wajah baru. 

Selain akan bereksibisi dan berkompetisi, 275 peserta dari berbagai daerah di Indonesia nantinya akan ditempatkan di sebuah ‘kampung seni’. Mereka akan hidup dan saling berbagi, membangun jaringan dan berlatih bersama.

Kegiatan yang berpusat di Ladaya Jl Bachrin Seman Mangkurawang ini akan menyajikan festival tari kontemporer, festival musikalisasi puisi, dan festival monolog. 

Selain itu, ada pula pameran fotografi, instalasi, berikut pasar produk kreatifitas.  Di usia yang ke-15 tahun, Yayasan Lanjong selaku penyelenggara event dua tahunan ini berharap LAF bisa berkontribusi dalam peningkatan ekonomi kreatif dan pengembangan seni budaya di Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Sri Wahyuni menyebut, Yayasan lanjong sudah banyak memberikan warna bagi daerah ini karena mampu menyelenggarakan event berskala nasional bahkan internasional. 

Yayasan lanjong ke depan diharapkan dapat menjadi tempat rujukan kegiatan ekonomi kreatif berbasis seni budaya, khususnya di Kutai Kartanegara. 

“Karena seni pertunjukan sendiri telah menjadi pilar dari ekonomi kreatif di Kukar,” kata Sri saat perayaan hari jadi Yayasan Lanjong ke-15 beberapa waktu lalu. (kk) 


Dimeriahkan Seniman Mancanegara

Kamis, 10/08/2017

FOTO: DOK/LANJONG

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.